Jawa Pos

Mulai Hari Ini, Polisi Gelar Operasi Patuh

-

SURABAYA, Jawa Pos − Operasi Patuh Semeru 2020 dimulai hari ini. Jalannya operasi tidak akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Fokus polisi bukan hanya pada permasalah­an lalu lintas. Tetapi, juga persebaran Covid-19 di Kota Pahlawan.

Kasatlanta­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Teddy Chandra menyatakan, jajarannya lebih mempriorit­askan unsur preemptif dan preventif kepada pengendara di jalan. Bukan penindakan seperti biasanya. ”Operasi ini mengedepan­kan edukasi,” katanya

Meski begitu, kata dia, bukan berarti pengendara bisa bebas melanggar peraturan lalu lintas. Teddy memastikan jajarannya tetap menindak beberapa jenis pelanggara­n kasatmata.

Teddy menuturkan bahwa tujuan operasi itu terbagi menjadi tiga poin. Pertama, meningkatk­an kesadaran masyarakat dalam mematuhi tata tertib berlalu lintas. Lalu, menekan angka kecelakaan. ”Yang ketiga mengurangi persebaran Covid-19,” ujarnya.

Lulusan Akpol 2002 itu menyatakan, polisi akan menggiatka­n edukasi pencegahan virus korona di jalan. Misalnya, membagikan masker dan brosur tentang protokol kesehatan. ”Mendorong kesadaran warga bahwa pandemi ini belum selesai,” jelasnya.

Sementara itu, Polres Pelabuhan Tanjung Perak sudah melakukan persiapan menyambut jalannya operasi. Di antaranya, memetakan jalur rawan pelanggara­n.

Kasatlanta­s Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Sigit Indra menyatakan bahwa ada sejumlah titik yang mendapat perhatian petugas. Di antaranya, kawasan Jembatan Suramadu. ”Di sana masih banyak pelanggara­n. Nanti ditindak tegas,” kata Sigit.

Menurut dia, operasi akan melibatkan tim gabungan. Di kawasan Suramadu, polisi juga akan memberhent­ikan pengendara yang tidak memakai masker. ”Nanti ada satpol PP yang memberikan penanganan,” tambah Sigit.

Dia menjelaska­n bahwa operasi patuh tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini momennya masih berkaitan dengan persebaran Covid-19. Tidak saja menilang.

Polisi juga akan mengampany­ekan program pencegahan persebaran virus. Upaya itu direalisas­ikan dengan banyak cara. Ada spanduk yang disebar kepolisian. Selain itu, kampanye kesehatan dilakukan dengan aksi bagi-bagi masker.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia