Jawa Pos

Calon Pendamping MA Mulai Diusulkan

-

SIAPA nama yang bakal mendamping­i Machfud Arifin (MA) dalam pilwali Surabaya mendatang masih gelap. Mantan Kapolda Jatim itu hingga kemarin belum menunjukka­n sinyal secara jelas siapa yang menjadi calon kuat.

Namun, sejumlah partai pengusung mulai mengusulka­n nama. Misalnya, Partai Nasdem. Jauh-jauh hari calon pendamping Machfud digodok. Hasilnya, calon tunggal disodorkan. Yaitu, mantan anggota DPRD Surabaya Visensius Awey.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem Imam Syafi’i menjelaska­n, sejauh ini keinginan internal Nasdem mengusung Awey. Pertimbang­annya, figur Awey sudah dikenal. ”Karena pernah duduk sebagai anggota dewan,” jelasnya

Selain itu, Awey merupakan sosok yang memiliki jam terbang tinggi. Pengalaman­nya sebagai anggota dewan menjadi keunggulan. ”Karena sudah terlibat dalam penentuan kebijakan,” ucapnya. Namun, Imam mengakui, nama Awey baru sebatas usulan. Sebab, Machfud memiliki kewenangan untuk menentukan pilihannya.

Gerindra juga menyampaik­an masukan. Ada tiga nama yang diusulkan. Pertama, KH Zahrul Azhar As’ad. Pria yang akrab disapa Gus Hans itu kini menjabat ketua DPD Golkar Jatim. Nama kedua adalah Hariyanto. Dia menjabat ketua Perhimpuna­n

Advokat Indonesia (Peradi).

Yang terakhir adalah Gamal Albinsaid. Latar belakangny­a pengusaha. Saat pemilihan presiden (pilpres), dia menduduki posisi penting di tim pemenangan Prabowo-Sandi. Yaitu, selaku juru bicara. Sekretaris DPC Gerindra A. Hermas Thony menjelaska­n, tiga nama tersebut terus digodok. Partai menentukan calon yang terbaik. ”Yang terbaik diusulkan,” jelasnya.

Menurut Thony, calon pendamping Machfud harus mumpuni. Pertimbang­annya tidak sekadar kecocokan. Kapasitas dan kapabilita­s juga menjadi pertimbang­an. Kemampuan apa yang dibutuhkan? Thony mengatakan, sang calon harus memiliki keahlian. Pertama, menjadi solusi untuk meredam persebaran korona. ”Bisa memberikan masukan kebijakan apa yang sesuai,” jelasnya.

Keahlian yang kedua adalah memicu perekonomi­an. Menurut Thony, pandemi korona mengakibat­kan penurunan ekonomi. Pendapatan warga turun. Karena itu, dibutuhkan calon wakil yang bisa membangkit­kan perekonomi­an. Menurut dia, seleksi sangat dibutuhkan. Dengan demikian, calon pendamping Machfud benar-benar tepat. ”Tentunya dipilih oleh semua partai pendukung,” ucapnya.

 ?? TIM MA FOR JAWA POS ?? CARI WAKIL: Machfud terus blusukan ke sejumlah tempat untuk meningkatk­an dukungan.
TIM MA FOR JAWA POS CARI WAKIL: Machfud terus blusukan ke sejumlah tempat untuk meningkatk­an dukungan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia