Jawa Pos

Gunakan Bahan Matte dan Setting Spray

-

SURABAYA, Jawa Pos − Masker sudah menjadi ”outfit” wajib saat ini. Riasan wajah yang kini digunakan juga tak bisa disamakan seperti sebelumnya. Jangan sampai riasannya malah menempel pada masker dan terhapus. Veve Linn, pengajar make-up di John Robert Powers, berbagi tip riasan ”new normal”.

Foundation, primer, bedak, eye shadow, hingga lipstik tetap digunakan. Hanya, pemilihan jenisnya sangat berpengaru­h. Veve mengatakan, sekarang wajib pakai bahan-bahan matte. Mulai foundation, blush on, hingga lipstik. ”Hindari yang creamy. Blush on ya powder. Lipstik bukan liptint atau lip gloss,” jelasnya.

Penggunaan bahan creamy bisa meninggalk­an bekas pada masker. Apalagi, cuaca Surabaya yang panas bikin seseorang mudah berkeringa­t. ”Akan makin berminyak juga,” paparnya.

Selain itu, Veve mengingatk­an pentingnya memiliki setting spray. Setelah memoleskan riasan, setting spray mesti diaplikasi­kan untuk menjaga riasan tetap on. ”Tunggu sampai kering. Bisa dikipasi atau dengan ditepuk pelan dengan tisu,” jelasnya sembari mengaplika­sikan setting spray pada wajah Kaynell Nikolas di Ciputra World Surabaya kemarin.

Setting spray tersebut sebaiknya diaplikasi­kan ulang dalam 3−4 jam. Apalagi jika sedang di luar ruangan atau di cuaca yang sangat panas. Setting spray juga bisa diaplikasi­kan pada masker sebelum digunakan. ”Tapi, sedikit saja. Jangan sampai kebanyakan dan terhirup berlebihan,” imbuhnya.

Dalam memakai riasan pada era new normal ini, Veve lebih berfokus pada bagian mata. Eyeliner dan eye shadow tak bisa ditinggalk­an. Mata bisa jadi fokus utama dan ruang berkreasi. Permainan warna dan cobacoba gradasi bisa dilakukan, menyesuaik­an dengan outfit hari itu. ”Tambahkan maskara agar mata lebih ’hidup’,” ucapnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? AGAR RIASAN AWET: Veve Linn menyapukan blush on powder pada wajah Kaynell Nikolas. Bahan matte membuat make-up tidak mudah terhapus dan membekas pada masker.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS AGAR RIASAN AWET: Veve Linn menyapukan blush on powder pada wajah Kaynell Nikolas. Bahan matte membuat make-up tidak mudah terhapus dan membekas pada masker.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia