Jawa Pos

UNESA Siap Sambut-Lepas Mahasiswa secara Daring

-

SURABAYA, Jawa Pos – Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) akan menggelar penyambuta­n mahasiswa baru serta wisuda secara daring (dalam jaringan). Hal itu dilakukan mengingat saat ini belum ada kejelasan mengenai keamanan mengumpulk­an khalayak ramai dalam sebuah event besar. Pihak kampus pun menyesuaik­an diri.

Wakil Rektor II Unesa Suprapto mengatakan, pada Agustus nanti kampus siap mengadakan seremonial penyambuta­n mahasiswa baru (maba) dengan sistem perwakilan. Biasanya, setiap tahun para maba berkumpul dan menjalani upacara bersama untuk memakai jas almamater secara simbolik.

”Kali ini kami bikin perwakilan saja. Misalnya, tiap fakultas dipanggil lima orang, lalu ditayangka­n secara daring memakai jas almamater,” papar Suprapto kemarin (21/7). Seremoni itu akan dilakukan pekan kedua Agustus 2020 mendatang.

Namun, sebelum itu, pada pekan pertama Agustus, Unesa akan menggelar wisuda secara daring. Semestinya pada April lalu Unesa menggelar wisuda ke-96. Namun batal karena pandemi Covid-19. Nah, Agustus nanti, Unesa menggelar wisuda ke-97.

Konsepnya, wisuda akan dilakukan di hutan kampus di Kawasan kampus Lidah, Surabaya. Hutan kampus dipilih agar suasana wisuda terasa berbeda karena dilakukan di ruangan terbuka, bukan di dalam gedung seperti tahun-tahun sebelumnya. ”Nanti konsepnya drivethru,” ungkap Suprapto.

Konsep itu akan dilakukan dengan mendatangk­an perwakilan wisudawan sehingga tidak semua wisudawan perlu hadir ke lokasi. Wisudawan yang datang ke lokasi, misalnya, mereka yang lulus dengan nilai terbaik. Prosesi wisuda akan ditayangka­n secara daring dan wisudawan lainnya yang tak hadir di lokasi bisa turut melakukan prosesi dari rumah.

Dengan konsep drive-thru, ijazah bisa diambil dengan lebih cepat. ”Rencananya, nanti Pak Rektor (Prof Dr Nurhasan, Red) naik kuda. Mahasiswa perwakilan bisa datang secara drive-thru, bisa naik motor, mobil, becak, atau kuda juga boleh,” kelakar Suprapto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia