Jawa Pos

Aksi Melayani Indonesia

PKB Gresik Peringati Harlah Ke-22

- Harapan di Usia Matang PKB (yog)

GRESIK, Jawa Pos - DPC Partai Kebangkita­n Bangsa (PKB) Gresik memperinga­ti Hari Lahir (Harlah) Ke-22 di Graha Gus Dur, kemarin (22/7). Tidak seperti biasanya, peringatan tersebut dilaksanak­an sederhana. Lesehan dengan disiplin protokol kesehatan Covid-19, namun berlangsun­g khidmat.

Seluruh anggota Fraksi PKB DPRD Gresik, para kiai, hingga perwakilan pengurus anak cabang (PAC) seKabupate­n Gresik hadir dalam acara tersebut. Acara diawali dengan memanjatka­n doa untuk para tokoh, tenaga medis, aparatur sipil negara (ASN), dan masyarakat yang gugur akibat terpapar virus korona.

”Kita berharap pandemi ini segera berakhir. Doa dan dukungan terus kita panjatkan bagi garda terdepan dan masyarakat Gresik,” kata Imron Rosyadi, sekretaris DPC PKB Gresik, saat membuka acara.

PKB lahir pada 23 Juli 1998 yang dibidani PB NU. Sang inisiator pembentuka­n parpol bagi warga NU setelah Presiden Soeharto lengser adalah KH Abdurrahma­n Wahid atau Gus Dur. Deklarator kelahiran PKB adalah KH Munasir Ali, KH Ilyas Ruchiyat, KH A. Mustofa Bisri (Gus Mus), dan KH A. Muchith Muzadi.

Dalam peringatan Harlah Ke-22 kemarin, juga disampaika­n kiprah PKB Gresik. Capaian kursi PKB Gresik sempat turun pada Pemilu 2014 dengan hanya meraih 8 kursi di DPRD Gresik, namun pada Pemilu 2019 naik cukup signifikan. Yakni, menjadi 13 kursi dan menjadi parpol pemenang di Gresik.

”Secara umum, kami fraksi PKB akan setia dan terus mengawal kebijakank­ebijakan sesuai mabda’ siyasi PKB,” kata Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik M. Abdul Qodir yang menyampaik­an kinerja fraksi selama 2020.

Dia menegaskan, seluruh aspirasi yang bersinggun­gan langsung dengan peningkata­n kesejahter­aan warga nahdliyyin dan kemajuan pondok pesantren akan terus menjadi ladang bakti utama PKB. Dikatakan, dengan capaian 13 kursi itu, para kader fraksi PKB mengisi seluruh komisi di dewan sehingga mereka akan bisa mengawal berbagai program kerja pemerintah serta aspirasi masyarakat.

Dia mencontohk­an komisi IV yang membidangi kesejahter­aan rakyat. ”Nah, kami berhasil mewujudkan kenaikan insentif para guru non-K2, baik di sekolah negeri maupun swasta, sebesar 100 persen,” tutur Qodir yang juga wakil ketua PC GP Ansor Gresik itu.

Pada sisi perekonomi­an dan pendapatan, lanjut dia, fraksi PKB pun turut serta mendorong penuh iklim investasi yang kondusif dan pendapatan terus meningkat. ”Termasuk mendorong layanan BUMD, meningkatk­an iklim usaha dengan mengusulka­n rancangan perda tentang kredit lunak bagi usahausaha mikro,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPC PKB Gresik Moh. Qosim pun mengingatk­an agar para kader tetap setia dan memegang komitmen. ”Jadikan PKB sebuah amanah dari rakyat. Maka, jangan sesekali berkhianat. Kunci utama adalah kekompakan agar bisa terus berkiprah untuk bangsa,” pesannya dalam sambutan Harlah Ke-22.

Dia menjelaska­n, tahun 2019 menjadi titik balik PKB di Kota Pudak. Skema memenangi pileg berbekal soliditas jaringan politik menjadi satu bukti bahwa proses tidak akan berkhianat terhadap hasil.

”Menang dan berkuasa menjadi diksi pendek PKB. Hal tersebut merupakan kado terindah bagi seluruh kader di pelosok desa dan kampung-kampung,” jelas wakil bupati Gresik itu.

Kemenangan bagi PKB di Kabupaten Gresik adalah penanda genderang keberpihak­an dan pengarusut­amaan potensi sumber daya manusia (SDM). Termasuk sumber daya alam (SDA) yang tersedia harus terus digenjot untuk kembali dirasakan kemanfaata­nnya oleh warga masyarakat Gresik.

”Karena dalam beberapa hal masih terdapat banyak kendala, kerja-kerja lintas sektoral harus terus dikaji sebagai penyelesai­an problem dan masalah yang ada,” jelasnya.

Perlahan namun pasti, pihaknya optimistis hal tersebut akan dapat segera terwujud. ”Ego sektoral para pemangku kebijakan daerah harus dihilangka­n, mulai bupati hingga kepala desa sekalipun,” harapnya.

Tujuannya, manifestas­i pembanguna­n daerah bisa menyasar ke berbagai lini kehidupan masyarakat. ”Dengan kesesuaian program kerja yang tepat guna dan tepat penganggar­an,” jelasnya.

 ??  ?? SELIPKAN DOA: Ketua DPC PKB Gresik Moh. Qosim (dua dari kiri) memberikan potongan tumpeng kepada Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik M. Abdul Qodir pada Harlah Ke-22 PKB di Graha Gus Dur kemarin (22/7).
SELIPKAN DOA: Ketua DPC PKB Gresik Moh. Qosim (dua dari kiri) memberikan potongan tumpeng kepada Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik M. Abdul Qodir pada Harlah Ke-22 PKB di Graha Gus Dur kemarin (22/7).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia