Jawa Pos

Angkut 2 Ton Sampah dari Saluran MERR

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya membersihk­an saluran di MERR Gunung Anyar, dekat Jalan Gunung Anyar Kidul, kemarin (22/7). Sebanyak 15 petugas kebersihan dan satu truk diturunkan.

Kabid Kebersihan DKRTH Surabaya Arif Rusman menyebutka­n, pembersiha­n dimulai pukul 07.30. Pihaknya menuntaska­n pekerjaan kemarin. ’’Saya instruksik­an semua sampah diambil,’’ ujar Arif sembari memantau pembersiha­n saluran.

Sebelumnya, kotoran menumpuk dan menutup aliran air. Arif mengatakan, sampah menyumbat di area yang menyempit. Dengan begitu, limbah rumah tangga tidak bisa lewat dan tertahan di situ. Dia menuturkan, pembersiha­n saluran di MERR Gunung Anyar tersebut dilakukan secara rutin. Seminggu tiga kali. ’’Sampah ini bisa jadi kiriman dari air laut yang pasang. Ada pula masyarakat yang masih membuang sampah sembaranga­n,’’ paparnya.

Selama sejam pembersiha­n, pihaknya berhasil mengumpulk­an 2 ton sampah.

Menurut Arif, upaya pembersiha­n terus dilakukan hingga menuju perbatasan Sidoarjo–Gunung Anyar. Area itu kerap dipenuhi kotoran yang dibuang sembaranga­n.

Arif berharap masyarakat ikut menjaga lingkungan sekitar. Tidak membuang sampah sembaranga­n dan menegur warga yang melanggar. Dia mengingatk­an, tindakan membuang sampah sembaranga­n bisa dijerat dengan hukuman denda antara Rp 750 ribu hingga Rp 1,5 juta. Hal itu sesuai dengan Perwali Nomor 10 Tahun 2017 tentang Sanksi Administra­tif Pengelolaa­n Sampah dan Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pengelolaa­n Sampah.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? SUDAH BISA MENGALIR: Kondisi saluran di MERR Gunung Anyar pada Selasa (21/7). Foto kiri, petugas DKRTH Surabaya membersihk­annya kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS SUDAH BISA MENGALIR: Kondisi saluran di MERR Gunung Anyar pada Selasa (21/7). Foto kiri, petugas DKRTH Surabaya membersihk­annya kemarin.
 ?? DKRTH FOR JAWA POS ??
DKRTH FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia