Jawa Pos

Tambah Gudang di Kawasan Dermaga Kalimas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Meski sudah lawas, Dermaga Kalimas tetap disandari kapal-kapal antarpulau. PT Pelindo III pun terus menambah fasilitas di kawasan pelabuhan rakyat tersebut. Ada pembanguna­n gudang anyar untuk memperlanc­ar bongkar muat.

Lebih dari 300 kapal singgah di Dermaga Kalimas sebulan. Mereka mengangkut beragam jenis barang. Kapal-kapal kayu datang dari Kalimantan, Sulawesi, dan pulau lain di wilayah baru Indonesia.

Gudang anyar dibangun di area pelabuhan rakyat. Proyek sudah masuk lelang. Berdasar informasi, Pelindo mengeluark­an investasi Rp 13 miliar untuk pembanguna­n fasilitas logistik.

Kepala Humas PT Pelindo III Regional Jatim Rendy Fendy menjelaska­n bahwa ukuran gudang baru cukup luas. Yakni, 3.000 meter persegi. ’’Rencananya memang tahun ini dibangun. Tujuannya untuk peningkata­n layanan,’’ kata Rendy.

Dia menambahka­n, kapasitas gudang anyar mencapai 15.000 ton. Gudang dikhususka­n untuk penyimpana­n barang curah kering. Misalnya, pupuk, pakan ternak, dan bahan makanan. ’’Yang pasti, kami juga merespons pengguna jasa pelabuhan,’’ tambah Rendy.

Menurut dia, sebenarnya ada tiga gudang curah kering yang dibangun Pelindo di sekitar Kalimas. Namun, jumlahnya dinilai kurang. Jumlah bongkar muat di kawasan Kalimas terus meningkat. Tidak hanya menambah tempat penyimpana­n barang, Pelindo juga merenovasi Dermaga Kalimas. Penguatan tidak hanya dilakukan pada tembok dermaga, tapi juga lantainya. Saat ini program rehab dermaga masih dikerjakan. Proyek difokuskan di sekitar Rumah Pompa Petekan. Selain memperkuat dermaga, Pelindo memperdala­m kolam sepanjang 2.600 meter.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MASIH SIBUK: Aktivitas di Dermaga Kalimas kemarin. Masih banyak kapal yang berlabuh di lokasi tersebut.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS MASIH SIBUK: Aktivitas di Dermaga Kalimas kemarin. Masih banyak kapal yang berlabuh di lokasi tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia