Jawa Pos

Tarif Progresif Berlaku di TIJ

-

SURABAYA, Jawa Pos – Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) mulai memberlaku­kan tarif parkir progresif. Penerapan tarif tersebut mengacu pada Perwali Nomor 52 Tahun 2019 tentang Perubahan Tarif Retribusi Terminal.

Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya Ridlo Noor Wahab menjabarka­n, penerapan tersebut berlaku sejak Senin (20/7). Tarif yang naik per jam itu berlaku setelah semua sistem pendukung siap. Termasuk penerapan e-payment untuk pembayaran retribusin­ya.

Sesuai dengan ketentuan, tambahan tarif diterapkan setelah pengendara memarkir kendaraann­ya selama dua jam. ”Setelah dua jam, ada penambahan tarif secara bertahap,” jelasnya. Ada enam kendaraan yang dikenai tarif progresif.

Salah satunya, sepeda motor. Untuk dua jam pertama, pengendara dikenai tarif dua ribu rupiah. Lebih dari itu, per jam ada penambahan lima ratus rupiah. Tarif maksimal per hari untuk sepeda motor mencapai sepuluh ribu rupiah.

Sementara itu, untuk kendaraan roda empat seperti mobil, dikenai tarif awal tiga ribu rupiah. Setelah dua jam, ada penambahan seribu rupiah per jam. Dari beberapa jenis kendaraan yang diatur, hanya sepeda angin yang tidak dikenai tarif tambahan.

Selain tarif progresif, di TIJ sudah memberlaku­kan layanan pembayaran nontunai. Yang saat ini sedang btahap sosialisas­i. Paling tidak, dishub akan memberikan waktu sosialisas­i selama satu hingga dua pekan. ”Kami nanti pada tahap awal tetap memberlaku­kan nontunai dan tunai,” ucapnya. Artinya, pengendara bisa memilih. Masih bisa pakai tunai jika belum memiliki kartu e-payment.

Sementara itu, berdasar pantauan di lapangan, alat tapping area parkir telah siap. Petugas dishub di lokasi juga menunjukka­n teknis penggunaan metode pembayaran itu. ”Waktu masuk di-tap, saat keluar juga di-tap,” ucap petugas dishub Moh. Deni Rahman kemarin. Saat masuk, sistem akan mendata langsung kendaraan. Termasuk waktu masuk parkir ke TIJ.

Sementara itu, saat mau keluar, secara otomatis akan didata. Saat mau keluar itulah nanti, retribusi langsung masuk. Saldo akan berkurang sesuai dengan jam yang disesuaika­n.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? NONTUNAI: Pengendara motor membayar parkir di Terminal Intermoda Joyoboyo dengan e-payment.
DIPTA WAHYU/JAWA POS NONTUNAI: Pengendara motor membayar parkir di Terminal Intermoda Joyoboyo dengan e-payment.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia