Jawa Pos

Sudah Ada 500 Pelanggan ZAMP

-

SURABAYA, Jawa Pos – Langkah PDAM Surya Sembada Kota Surabaya mewujudkan Zona Air Minum Prima (ZAMP) terus dikebut. Target pelanggan pun ditingkatk­an. Yakni, menjadi 600 pelanggan. Berbagai upaya juga dilakukan. Salah satunya, memasang pipa food grade. Rencananya, tpemasanga­n ditarget rampung akhir tahun ini.

Program ZAMP dikerjakan PDAM sejak tahun kemarin. Sebagai uji coba. Lokasi pertama di wilayah Ngagel Tirto. Targetnya dua RW. Saat ini sudah ada 200 pelanggan. Kemudian sekarang diperluas. Targetnya semua rumah di dua RW itu menjadi pelanggan.

Manajer Humas PDAM Surya Sembada Kota Adi Nugroho mengatakan, total sekarang terdapat sekitar 500 pelanggan. Tersisa 100 pelanggan lagi dari target. Ada beberapa kendala yang terjadi. Salah satunya soal kepercayaa­n. ”Beberapa warga masih belum yakin untuk langsung minum,” katanya kemarin siang (22/7).

Karena itu, beberapa cara juga akan dilakukan. Dikaji. Tujuannya, menumbuhka­n kepercayaa­n konsumen. Bahwa airnya sudah jernih. Tidak berbau. Atau mirip dengan air isi ulang. Nah, salah satu cara yang dikerjakan dengan memasang pipa food grade. Menurut Adi, warga belum percaya jika pipanya masih mengunakan yang lama. Karena itu, dalam waktu dekat dipasang pipa khusus. ”Pipa food grade tersebut dipasang dari IPAM yang di Ngagel Tirto. Kemudian disambungk­an ke permukiman warga. Dengan total panjang sekitar 5 kilometer. Pengerjaan ini ditarget rampung tahun ini,” kata Adi.

Nah, untuk saat ini, pemasangan pipa food grade masih tahap pengadaan. Rencananya, jika tidak ada kendala, dalam dekat sudah ada pengerjaan. Dengan begitu, Pengerjaan­ya bisa rampung sesuai dengan target.

Langkah lain yang dilakukan PDAM adalah sosialisas­i. Bukan hanya itu, uji klinis kandungan dari air juga sering dilakukan. Harapannya, hasil uji klinis tersebut membuat warga percaya. Yang mana, sebetulnya saat ini memang sudah difungsika­n. Hanya saja, beberapa warga masih enggan meminum langsung dari kran.

Tapi, yang jelas, kata Adi, saat ini sudah ada peningkata­n jumlah pelanggan. Dengan begitu, besar harapan tahun ini target pelanggan sudah bisa terpenuhi.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWAPOS ?? JERNIH TAK BERBAU: Warga Ngagel menampung air siap minum dalam gelas.
DIPTA WAHYU/JAWAPOS JERNIH TAK BERBAU: Warga Ngagel menampung air siap minum dalam gelas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia