Jawa Pos

Karena Pandemi, Anak Jadi Pelampiasa­n

-

SIDOARJO, Jawa Pos - Maliki (samaran) kini gemar mencuri. Dia juga suka tidak bayar setelah makan di warung. Sejak putus dari SD, sehari-hari bocah 11 tahun itu cuma keluyuran di kampungnya, Desa Bangah, Kecamatan Gedangan. Mengapa dia seperti itu?

”Anak itu tidak punya ibu. Ayahnya sudah menikah lagi,” kata founder Save Street Child Sidoarjo (SSCS) Dwi Prasetyo kepada Jawa Pos kemarin (22/7).

Prasetyo mengaku kasihan kepada Maliki. Dia jadi nakal karena tak ada peran orang tua. Dia dibawa keDinasPem­berdayaanP­erempuan dan Perlindung­an Anak (DP3A) Sidoarjo untuk mendapatka­n rehabilita­si. ”Anak tak boleh ditelantar­kan,” ujarnya.

Hari ini, 23 Juli, merupakan Hari Anak Nasional (HAN). HAN menjadi momentum kepedulian seluruh bangsa pada pentingnya perlindung­an anak. Agar anak Indonesia tumbuh dan berkembang optimal.

Sebab, fakta masih menunjukka­n banyaknya masalah yang menimpa anak-anak. Tak terkecuali di Kota Delta. ”Hingga Juli ini tercatat 63 kasus,” kata Kepala DP3A Sidoarjo Ainun Amalia.

Menurut Ainun, jumlah kasus makin bertambah selama pandemi Covid-19. Ada banyak penyebab. Paling utama adalah faktor ekonomi. Penghasila­n keluarga untuk kebutuhan sehari-hari turun. Kepala rumah tangga kena pemutusan hubungan kerja (PHK).

”Nah, biasanya anak yang jadi korban. Jadi pelampiasa­n,” jelas mantan camat Sukodono dan Prambon itu. DP3A telah menyediaka­n rumah aman (shelter). Di sana korban akan mendapatka­n pendamping­an dari psikolog.

Sementara itu, Kapolresta Kombespol Sumardji memberikan edukasi tentang protokol kesehatan kepada 60 siswa TK di Desa Pepelegi, Waru, kemarin. Dia mengingatk­an anak-anak jangan lupa pakai masker dan cuci tangan agar terhindar dari Covid-19.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? SEMANGAT YA: Kombespol Sumardji memberikan hadiah alat sekolah untuk anak-anak TK di Desa Pepelegi, Waru, kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS SEMANGAT YA: Kombespol Sumardji memberikan hadiah alat sekolah untuk anak-anak TK di Desa Pepelegi, Waru, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia