Jawa Pos

BHS: Permudah UMKM Berkembang

-

NASIB dan masa depan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus mendapat perhatian serius Bambang Haryo Soekartono (BHS). Hal itu ditunjukka­n dengan rutin bertemu, berdialog, dan sidak ke pasar-pasar di Kabupaten Sidoarjo. Juga berdialog dengan Daryono, salah seorang pelaku UMKM produsen

BHS pun berkunjung ke tempat Daryono di Desa Sawotratap, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo.

Menurut BHS, Daryono yang memiliki sekitar 30 karyawan itu membiayai usaha secara mandiri. Artinya, Daryono tidak bergantung pada kredit usaha rakyat (KUR) yang seharusnya didapat. Potensi usaha Daryono juga besar dan dapat menjadi salah satu penopang kekuatan perekonomi­an Sidoarjo.

Apabila diamanahi menjadi bupati, BHS siap mendorong UMKM yang sudah berjalan sekitar delapan tahun itu agar mendapatka­n KUR. Dengan begitu, Daryono dapat memperbaru­i infrastruk­turnya dengan alatalat modern. Hal itu diharapkan bisa membuat material yang terbuang tidak mencapai 10 persen atau zero waste.

’’Terus terang saya akan mendorong agar bisa mendapatka­n pembiayaan KUR dengan bunga murah yang sekarang ini 6 persen, nanti akan diturunkan 3 persen untuk memperkuat usaha beliau,’’ ungkap BHS.

Selain itu, BHS tidak ingin perizinan UMKM dipersulit oknum. Mengingat devisa Sidoarjo salah satunya bersumber dari sekitar 16.000 UMKM, termasuk Daryono. ’’Jadi, dengan tidak mengurangi ketelitian, saya akan mempermuda­h dan mempercepa­t masalah perizinan,’’ kata BHS.

Beragam upaya itu dilakukan BHS sematamata agar menumbuhka­n geliat perekonomi­an Sidoarjo. Yang tidak kalah penting, BHS menyampaik­an bahwa UMKM menyerap 95 persen tenaga kerja di Sidoarjo dan nasional. Untuk itulah UMKM tidak boleh dimusnahka­n atau dipersulit.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia