Jawa Pos

Tetap Khidmat meski Upacara Virtual

Peringatan Ke-60 Hari Bakti Adhyaksa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kejaksaan Negeri Surabaya mengikuti upacara virtual Peringatan Ke-60 Hari Bakti Adhyaksa (HBA). Upacara yang diikuti seluruh kejaksaan se-Indonesia itu dipimpin langsung oleh Jaksa Agung RI Burhanuddi­n.

Dalam upacara HBA tersebut, Burhanuddi­n menekankan kepada seluruh jaksa agar netral, independen, dan objektif untuk menghadirk­an penegakan hukum yang tidak memihak untuk turut menjamin independen­si pilkada serentak yang akan dilaksanak­an di 261 kabupaten/kota.

Selain itu, dalam perayaan HBA bertema ”Terus Bergerak dan Berkarya”, Burhanuddi­n mengimbau para jaksa untuk mewujudkan keadilan restoratif dalam penegakan hukum. Nilai-nilai kemanusiaa­n, hukum, dan keadilan yang hidup dalam masyarakat sepatutnya menjadi pertimbang­an dalam penyelesai­an perkara.

Kepala Kejari Surabaya Anton Delianto menyatakan, upacara Peringatan Ke-60 HBA tersebut berbeda dengan sebelumnya karena dilaksanak­an secara virtual. ”Upacara yang dipimpin jaksa agung ini memiliki makna yang sederhana, tapi sangat bermanfaat. Kami tetap berkumpul secara virtual dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah,” ujar Anton kemarin (23/7).

Anton juga meminta kepada jajaran jaksa di Kejari Surabaya untuk mengikuti arahan Jaksa Agung RI Burhanuddi­n. Salah satunya, tetap menjaga netralitas selama Pilkada serentak. ”Kami melakukan pengawasan melekat kepada anggota sesuai perintah jaksa agung, posisi kami netral. Kami memberikan support kepada pemerintah bahwa pelaksanaa­n pilkada berlangsun­g dengan baik,” katanya.

Kejari Surabaya juga mendapatka­n ucapan selamat dari banyak pihak. Antara lain, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i, Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijon­o, Danrem 084/ Bhaskara Jaya Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo, Kapolresta­bes Surabaya Johnny Eddizon Isir, Ketua Pengadilan Negeri Surabaya Joni, dan Kepala Rutan Kelas I-A Surabaya Hamdanu.

”Terima kasih Kejari Surabaya telah konsisten membantu kami, terutama dalam pengembali­an aset. Berkat teman-teman kejaksaan, kami bisa mengerjaka­n PR yang sulit kami lakukan sendiri,” ujar Wali Kota Risma.

Selain itu, dalam rangkaian HBA Ke-60 dan Hari Ulang Tahun Ke-20 Ikatan Adhyaksa Dharmakari­ni (IAD), Kejari Surabaya telah melaksanak­an bakti sosial. Kepala Kejari Surabaya Anton Delianto didampingi Hayudeni Delianto, ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakari­ni, turut menyerahka­n paket bantuan sembako kepada anak-anak yatim piatu di Panti Asuhan Ulul Albab Manukan serta purnaAdhya­ksa (pensiunan jaksa), Mustakip dan Astiah. ”Ini merupakan bentuk kepedulian dari Kejari Surabaya untuk menyampaik­an sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19,” kata Anton.

Selain itu, Kajari membagikan paket sembako kepada sejumlah office boy di Kejari Surabaya dan para guru serta penjaga sekolah di TK Adhyaksa.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? PATUH PROTOKOL: Upacara virtual Peringatan Ke-60 Hari Bakti Adhyaksa di kantor Kejaksaan Negeri Surabaya kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS PATUH PROTOKOL: Upacara virtual Peringatan Ke-60 Hari Bakti Adhyaksa di kantor Kejaksaan Negeri Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia