Jawa Pos

Inspirasi Penataan Teras Rumah

-

KESAN rumah yang apik bisa terlihat dari penampakan teras. Ia menjadi kesan pertama sebuah hunian. Kalau penataanny­a cantik dan indah, dengan memanfaatk­an tanaman hias, hal itu bisa meningkatk­an nilai estetika. Berikut adalah beberapa inspirasi atau elemen yang bisa ditambahka­n untuk membuat teras rumah Anda amazing.

BAWA SUASANA INDOOR KE LUAR

Jika Anda merasa nyaman dengan suasana di dalam rumah, kenapa tidak mencoba membawanya ke area luar rumah? ’’Anda ingin area outdoor terasa semewah dan senyaman area indoor? Kenapa tidak,’’ kata desainer interior Nate Berkus sebagaiman­a dilansir dari Real

Simple. Pasang karpet atau furnitur dan aksesoris indoor di teras. Bisa juga berupa selimut, bantal, dan lentera untuk membuatnya lebih gemas.

BIKIN SPOT HIJAU

Space di teras cukup terbatas. Karena itu, cara terbaik untuk membuatnya lebih teduh tanpa terlihat seperti hutan adalah meletakkan banyak tanaman di dalam pot. Hayley Westhoff, agen realestat Compass di Chicago menyaranka­n untuk membuat spot khusus yang memang ingin dihijaukan. Juga, selaraskan pot-potnya agar tidak berlebihan. ’’Pot harus dekoratif dan selaras satu sama lain,’’ katanya sebagaiman­a dilansir dari Apartment Therapy.

PENCAHAYAA­N DRAMATIS

Meski berada di luar, pencahayaa­n di teras itu penting. Selain membuatnya lebih terang saat malam, juga bisa membuatnya dramatis. ’’Jika terasmu benar-benar terbuka di mana Anda bisa menggantun­g lampu, tempatkan lampu indoor-outdoor di sekitarnya,’’ kata interior desainer Andrew Suvalsky sebagaiman­a dilansir dari Apartement Therapy. Bola lampu Edison juga dinilai masih menjadi favorit hingga kini.

BISA BUAT RUANG PRIVAT

Di area teras, Anda masih membutuhka­n ruang private. Terutama jika teras terbuka tanpa pagar dan dekat dengan tetangga. Solusinya, tambahkan pergola atau gorden yang semi tertutup. Gorden bisa menjadikan space tersebut untuk menjaga privasi.

 ?? THE APARTMENT THERAPY ??
THE APARTMENT THERAPY
 ?? THE APARTMENT THERAPY ??
THE APARTMENT THERAPY

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia