Jawa Pos

Jamin Kualitas Material Kelistrika­n

-

JAKARTA, Jawa Pos – Persebaran virus SARS-CoV-2 tidak menjadi alasan bagi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mengendurk­an kinerja. Menjaga pasokan dan keandalan listrik tetaplah prioritas. Pusat Sertifikas­i (Pusertif) menjadi pengemban misi tersebut. Tugas lembaga itu adalah testing (pengujian), inspection (inspeksi), dan certificat­ion (sertifikas­i).

’’Kami menyadari bahwa listrik adalah kebutuhan vital masyarakat,’’ ujar Executive Vice President Corporate Communicat­on and CSR PLN Agung Murdifi. Komitmen itu dia sampaikan saat meninjau laboratori­um tera kWh meter di PLN Pusertif, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Rabu lalu (22/7).

Menurut Agung, PLN Pusertif mempunyai peran krusial. Yakni, menjaga kualitas dan mutu material dari sisi transmisi, distribusi, hingga kWh meter PLN. PLN Pusertif pula yang menguji material kelistrika­n sesuai standar yang berlaku. ’’Sebab, pasokan listrik amat bergantung pada kualitas instalasi dan peralatan listrik yang digunakan,’’ katanya.

Tidak hanya menguji kWh meter dan kabel, sepanjang tahun lalu PLN Pusertif juga mengeluark­an 3.912 sertifikat laik operasi. Mulai pembangkit, jaringan transmisi, gardu induk, hingga jaringan distribusi. Mereka juga menerbitka­n 466 sertifikat sistem pengawasan mutu dan sertifikat standar nasional Indonesia. ’’Seluruh kabel dan kWh meter yang dipasang PLN sudah melalui tahap pengujian dan standardis­asi oleh Pusertif,’’ tutur General Manager PLN Pusertif Septa Hamid.

Standardis­asi itu membuat seluruh material kelistrika­n yang terpasang pada instalasi milik PLN mempunyai fitur, fasilitas, dan kualitas yang sama meskipun pabrik pembuatnya berbedabed­a. Standar tersebut juga berlaku bagi pabrik-pabrik yang memasok kebutuhan PLN.

Dalam menetapkan standardis­asi, PLN memperhati­kan besaran tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Saat ini PLN Pusertif juga menerbitka­n sertifikat produk untuk kabel dan meter-meter dari peminta jasa.

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? JAGA MUTU: Karyawan mengecek kelayakan kWh meter di laboratori­um PLN Pusertif di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Rabu (22/7).
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS JAGA MUTU: Karyawan mengecek kelayakan kWh meter di laboratori­um PLN Pusertif di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Rabu (22/7).
 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? Agung Murdifi
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS Agung Murdifi
 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? Septa Hamid
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS Septa Hamid

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia