Jawa Pos

Bilic Terkenang Menangani Timnas Kroasia

-

SATU poin yang diraih West Ham di Old Trafford kemarin (23/7) memastikan klub asal London Timur itu bertahan di Premier League. Pada saat bersamaan, mantan pelatih West Ham, Slaven Bilic, juga memastikan kembali ke Premier League musim depan.

Hal itu seiring kesuksesan Bilic memenuhi target yang dibebankan kepadanya di awal musim ini. Yakni, membawa West Bromwich Albion (WBA) promosi ke Premier League dengan status runner-up Championsh­ip 2019– 2020. WBA mendamping­i Leeds United sekalu juara Championsh­ip.

WBA baru memastikan tiket promosi dalam matchweek pemungkas (matchweek ke-46) kemarin. Itu pun karena ”bantuan’’ FC Barnsley yang mengalahka­n pesaing WBA, FC Brentford, dengan skor 2-1. Sebab, di saat bersamaan,

The Baggies –julukan WBA– hanya bermain seri 2-2 melawan Queens Park Rangers di kandang sendiri, The Hawthrown. Fulham yang juga masih punya peluang finis runner-up juga sial seiring hanya bermain 1-1 di kandang Wigan Athletic.

Kepada Four Four Two, Bilic menyatakan bahwa capaian promosi bersama WBA mengingatk­annya dengan periode saat memegang kendali timnas Kroasia (2006–2012). Sama-sama membanggak­annya. ”Promosi ini merupakan salah satu puncak pencapaian karir saya. Kalian tahu bagaimana melelahkan­nya musim ini karena pandemi (Covid-19) yang menyetop kompetisi dan membuat durasi musim jadi di luar perkiraan kami,” tutur Bilic.

Saat rehat kompetisi pada matchweek ke-37, WBA sejatinya menguasai puncak klasemen Championsh­ip. Tapi, dalam sembilan matchweek setelah restart kompetisi, Chris Brunt dkk kehilangan 14 poin dari maksimal 27 poin. Bandingkan dengan Leeds United yang cuma kehilangan 5 poin.

Mengenai strategi musim depan di Premier League, Bilic ingin belajar dari Sheffield United. Sebagai klub promosi di Premier League musim ini, The Blades –julukan Sheffield United– mempertaha­nan inti skuad di Championsh­ip.

Berbeda dengan dua klub promosi lainnya, Aston Villa dan Norwich City belanja banyak pemain. Hasilnya, Norwich City terdegrada­si dan Aston Villa harus menentukan nasib dalam matchweek pemungkas pada Minggu malam nanti (26/7).

Transfer sukses WBA musim ini adalah Charlie Austin. Penyerang 31 tahun yang didatangka­n dari Southampto­n FC itu menjadi top scorer pada musim perdananya bersama The Baggies dengan torehan 11 gol.

 ?? JUSTIN TALLIN/AFP ?? EKS WEST HAM: Slaven Bilic kembali meramaikan Premier League musim depan bersama West Bromwich Albion.
JUSTIN TALLIN/AFP EKS WEST HAM: Slaven Bilic kembali meramaikan Premier League musim depan bersama West Bromwich Albion.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia