Jawa Pos

Fokus Cari Dukungan di Lima Kecamatan

-

MENILIK hasil rekapitula­si verifikasi faktual, dukungan perbaikan yang harus diserahkan pasangan Yasin-Gunawan minimal 209.150 lembar. Dukungan tersebut harus diserahkan pada 25−27 Juli. Meski terkesan mustahil, mereka menyiapkan sejumlah strategi untuk mengumpulk­an dukungan sebanyak itu.

Gunawan menuturkan, memang dukungan yang harus dicari cukup banyak. Tapi, dia mengklaim tim suksesnya masih solid. ”Juga sudah terbiasa mengisi silon,” kata Gunawan.

Dadan Wahyudi, tim sukses Yasin-Gunawan, mengungkap­kan, karena waktu yang semakin sempit, mereka akan lebih fokus di lima kecamatan yang menjadi daerah basis pendukung. Terutama daerah Surabaya Utara. Latar belakang Yasin yang merupakan seorang klebun di Sampang menjadi salah satu dasarnya.

”Untungnya saat perbaikan ini tidak harus tersebar di 16 kecamatan seperti saat penyerahan dukungan. Jadi, kami fokus di lima kecamatan yang jadi basis,” ungkap Dadan. Namun, dia enggan menyebutka­n lima kecamatan itu.

Dari hasil rekapitula­si verifikasi faktual di KPU Surabaya, memang ada lima kecamatan yang jumlah dukungan YasinGunaw­an banyak memenuhi syarat. Yakni, di Semampir ada 8.111 dukungan, Kenjeran (6.774), Simokerto (3.077), Tambaksari (2.451), dan Sukomanung­gal (1.509).

Dadan mengungkap­kan, pihaknya ingin tahu data pendukung yang dinyatakan memenuhi syarat dan tak memenuhi syarat. Sebab, data pendukung yang tak memenuhi syarat itu bisa diperbaiki. ”Tapi, kami tak diberi tahu mana saja yang TMS. Ini jelas mempersuli­t kami untuk membuat dokumen perbaikan,” tambah dia.

Komisioner KPU Surabaya Soeprayitn­o menuturkan bahwa dukungan lama memang bisa digunakan, tapi harus diperbaiki dulu. ”Bisa dipakai lagi sepanjang belum diterima silon dan status belum MS (memenuhi syarat, Red),” jelas dia.

Dia menyebutka­n, memang tidak ada ketentuan bahwa dukungan itu harus meliputi 16 kecamatan. Namun, bisa di kecamatan mana pun asalkan merupakan warga Surabaya. ”Kalau bapaslon menyerahka­n dukungan perbaikan, KPU juga akan menyiapkan diri untuk tahapan-tahapan berikutnya,” tambah Nano.

 ?? TIMSES YASIN-GUNAWAN FOR JAWA POS ?? SUDAH RESMI: Tim sukses bakal paslon independen Yasin-Gunawan ketika melaporkan verifikasi faktual yang dianggapny­a tidak fair ke Bawaslu kemarin.
TIMSES YASIN-GUNAWAN FOR JAWA POS SUDAH RESMI: Tim sukses bakal paslon independen Yasin-Gunawan ketika melaporkan verifikasi faktual yang dianggapny­a tidak fair ke Bawaslu kemarin.
 ?? TIMSES YASIN-GUNAWAN FOR JAWA POS ?? PERLIHATKA­N BUKTI: Warga Lebo Agung menunjukka­n KTP sebagai bukti dukungan bagi paslon independen Yasin-Gunawan.
TIMSES YASIN-GUNAWAN FOR JAWA POS PERLIHATKA­N BUKTI: Warga Lebo Agung menunjukka­n KTP sebagai bukti dukungan bagi paslon independen Yasin-Gunawan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia