Jawa Pos

Optimalkan Mesin Politik Lumbung Partai

-

PARTAI koalisi pengusung Machfud Arifin terus bergerak. Setelah membentuk koordinato­r kelurahan (korkel), para pengurus kini mempersiap­kan sejumlah strategi untuk mengamanka­n wilayah masing-masing. Di antaranya, memetakan wilayah yang merupakan lumbung suara partai.

Ketua DPD II Golkar Surabaya Arif Fatoni mengakui, orang yang ditempatka­n di struktur korkel merupakan pimpinan kelurahan Partai Golkar. Di dalamnya juga ada pengurus yang ditugaskan mengamanka­n suara di wilayah masingmasi­ng. ”Termasuk yang di tingkat kecamatan. Mereka bertugas melakukan supervisi ke tingkat kelurahan,” ujarnya kemarin (23/7).

Ada beberapa pertimbang­an yang diambil. Kader partai dianggap memiliki kompetensi terkait pemenangan pemilu. Mereka juga berpengala­man dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada). Yang tidak kalah penting adalah loyalitas para kader dan pengurus terhadap partai.

Artinya, perjuangan dan pergerakan para korkel dipastikan lebih maksimal. Sebab, tujuannya tidak hanya memenangka­n Machfud Arifin. ”Ini juga demi kemenangan Partai Golkar yang merupakan rumah bersama,” tuturnya.

Karena itu, rapat-rapat konsolidas­i terus dilaksanak­an di tingkat kecamatan. Pemetaan wilayah mulai dilakukan untuk menginvent­arisasi kekuatan

Kami akan totalitas untuk memenangka­n Pak Machfud dalam pilwali Desember mendatang.”

ARIF FATONI

Ketua DPD II Golkar Surabaya

mesin politik di setiap kelurahan. ”Kami akan totalitas untuk memenangka­n Pak Machfud dalam pilwali Desember mendatang,” ucapnya.

Di Partai Gerindra, ada strategi khusus. Ketua DPC Gerindra Surabaya Bagio Fandi Sutadi mengatakan, ada beberapa wilayah yang merupakan lumbung suara partai. Artinya, kata Sutadi, Gerindra memiliki basis massa yang kuat di wilayah tersebut.

Nah, wilayah itu akan dioptimalk­an untuk memperoleh suara tinggi pada pilwali nanti. Namun, wilayah lain yang dianggap kurang maksimal tetap menjadi perhatian. ”Kami sedang melakukan pemetaan wilayah. Jadi, yang kurang optimal nanti digenjot lagi,” terangnya.

Selain itu, Gerindra akan mengumpulk­an orang-orang yang gagal dalam pemilihan umum legislatif (pileg) 2019. Sedikit banyak, mereka juga memiliki basis massa yang kuat. ”Karena saat ini waktunya kita berjuang bersama demi perubahan Surabaya menjadi lebih baik,” jelasnya.

 ?? GOLKAR FOR JAWA POS ?? KONSOLIDAS­I: Korkel Partai Golkar mengadakan rapat untuk pemenangan pilwali.
GOLKAR FOR JAWA POS KONSOLIDAS­I: Korkel Partai Golkar mengadakan rapat untuk pemenangan pilwali.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia