Jawa Pos

Sulap Ruang Tak Terpakai untuk Edukasi Anak

-

SURABAYA, Jawa Pos − Najwa Dasilva, 10, bersama lima belas teman sebayanya tampak serius belajar di ruang edukasi anak tangguh, RW V, Asemrowo, kemarin (23/7). Kompak mengenakan baju merah, mereka berkumpul di lokasi sejak pukul 06.00. Kegiatan dimulai dengan belajar mewarnai dan membuat origami.

Proses pembelajar­an dibimbing Anggun Agustin Melani selaku koordinato­r anak sekaligus wakil RW V. Anggun menjelaska­n, ruang edukasi baru difungsika­n kemarin bertepatan dengan Hari Anak Nasional (HAN). Ruang edukasi itu dibuat agar anakanak dapat belajar dengan maksimal.

”Tidak semua anak-anak di sini (RW V) bisa belajar daring dengan maksimal di rumah masing-masing. Kalau di sini, mereka akan merasa nyaman dan fokus. Karena mendapatka­n perhatian yang lebih serius,” ujar perempuan berusia 33 tahun itu.

Ketua RW V Sodikun mengatakan, terdapat 10 RT di lingkungan kerjanya. Banyaknya jumlah anak membuat pembelajar­an berlangsun­g secara bergantian. Yaitu, tiga kali dalam seminggu. Saat ini proses belajar berlangsun­g pada sore. Bukan hanya pembelajar­an formal. Mereka juga akan melatih kreativita­s anak.

”Karena belum ada wifi, proses belajar pada sore hari saja. Kecuali jika sudah terpasang wifi. Secara otomatis, kegiatan berlangsun­g sesuai dengan jadwal proses belajar anak pada sekolah masing-masing melalui daring,” katanya.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningr­um mengatakan, pembuatan ruang edukasi anak di kampung tangguh digencarka­n. Terutama di permukiman padat. Beberapa fasilitas diberikan. Mulai buku, peralatan tulis, hingga guru pengajar.

Camat Asemrowo Bambang Udi Ukoro menjelaska­n, dalam waktu dekat wifi gratis akan terpasang di ruang edukasi anak tangguh RW V. Sekaligus beberapa peralatan belajar-mengajar. Rencananya, wifi gratis dipasang pada setiap balai RW di lingkungan kerjanya.

Terutama wilayah yang berada di kampung- kampung. ”Hingga saat ini, 17 balai RW sudah diajukan pemasangan wifi gratis. Dengan adanya jaringan internet, anak-anak atau pelajar bisa mengikuti proses belajar dengan baik,” kata Bambang.

 ?? AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS ?? KERJAKAN TUGAS SEKOLAH: Suasana di ruang edukasi anak tangguh, RW V, Asemrowo, kemarin (23/7).
AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS KERJAKAN TUGAS SEKOLAH: Suasana di ruang edukasi anak tangguh, RW V, Asemrowo, kemarin (23/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia