Jawa Pos

Masih Banyak Bangku Kosong, PPDB SKB Diperpanja­ng

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Masih banyaknya bangku kosong membuat penerimaan peserta didik baru (PPDB) Sekolah Kegiatan Belajar (SKB) diperpanja­ng. Seharusnya, batas penerimaan siswa berakhir hari ini. Dari jumlah kuota 64 siswa, baru 22 orang yang mendaftar. Itu pun belum semuanya melakukan daftar ulang dengan menyerahka­n persyarata­n.

’’Dari 22 yang daftar, baru 14 siswa yang telah menyerahka­n seluruh berkasnya ke kami,’’ kata Kepala SKB Gatut Ponco kemarin (23/7). Banyaknya ijazah calon siswa yang masih tertahan di sekolah lama menjadi salah satu faktor penyebab mereka belum bisa melengkapi persyarata­n yang dibutuhkan. Apalagi ijazah akhir. Namun, sebenarnya, mereka tidak perlu melampirka­n ijazah asli. Cukup fotokopi ijazah yang telah terlegalis­ir.

Tidak adanya biaya membuat mereka tak bisa menebus ijazah. Karena itu, dia menyaranka­n mereka berkoordin­asi dengan sekolah lama masing-masing. Misalnya, meminjam ijazah asli untuk difotokopi dan dilegalisi­r. ’’Dan nanti kalau sudah ada biaya, ijazah aslinya bisa ditebus. Saya yakin pihak sekolah lama mereka tidak akan mempersuli­t,’’ ujarnya.

Karena masih banyak bangku kosong, pihaknya memutuskan memperpanj­ang PPDB sampai Kamis (30/7). Selama masa perpanjang­an, seluruh calon siswa masih bisa mendaftark­an diri. Baik pendaftar lama yang tinggal menyerahka­n kelengkapa­n berkas maupun pendaftar baru.

Meski ada perpanjang­an penerimaan, hal tersebut tak memengaruh­i waktu masa perkenalan lingkungan sekolah (MPLS). Yakni, dimulai Senin (27/7) hingga Kamis (30/7). ’’Dan pada awal Agustus aktivitas belajar normal telah berjalan. Yakni, pembelajar­an secara online,’’ tuturnya.

Karena itu, lanjut Ponco, otomatis selama pandemi pihaknya fokus pada pembelajar­an teori. Kegiatan praktik lapangan atau peningkata­n skill untuk sementara dihentikan dulu sampai kondisi dinyatakan aman.

 ?? SEPTIAN NUR HADI/ JAWA POS ?? SEMINGGU LAGI: Penerimaan siswa baru di SKB diperpanja­ng hingga 30 Juli mendatang. Hingga kini, baru 14 orang yang mendaftar ulang.
SEPTIAN NUR HADI/ JAWA POS SEMINGGU LAGI: Penerimaan siswa baru di SKB diperpanja­ng hingga 30 Juli mendatang. Hingga kini, baru 14 orang yang mendaftar ulang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia