Jawa Pos

Bagikan Sembako untuk 4 Ribu KK

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kodam V/Brawijaya kembali menyalurka­n ribuan paket sembako. Kali ini, bantuan berasal dari Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya. Penyaluran dilakukan babinsa dan babinkamti­bmas. Mereka pun diberi tugas ganda. Tak hanya membagikan bantuan, tapi juga memberikan sosialisas­i ke warga. Khususnya soal protokol kesehatan.

Sasaran bantuan adalah seluruh wilayah Jatim. Tepatnya, warga yang terdampak Covid-19. Apalagi, kondisi perekonomi­an juga belum menentu. ’’Ini yang ketiga kalinya,’’ kata Ketua Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya Ali Markus kemarin pagi (23/7).

Menurut Markus, saat ini adalah waktu yang tepat untuk saling bergandeng­an dan peduli. Langkah itu juga dilakukan untuk membantu pemerintah. Khususnya dalam hal penanganan imbas adanya pandemi. ’’Mari kita lawan Covid-19 ini,’’ tegasnya.

CEO PT Maspion itu membeberka­n, bantuan tidak hanya berupa sembako. Tapi, ada juga kebutuhan rumah tangga lainnya. Termasuk sabun dan masker. Targetnya, minimal empat ribu keluarga di Jatim.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah mengatakan, kurang lebih ada 20 ton beras dan ratusan ribu mi instan. Bantuan tersebut juga langsung didistribu­sikan dengan dibantu seluruh kodim di Jatim. Mereka juga berkoordin­asi dengan babinsa dan babinkamti­bmas di semua wilayah. ’’Distribusi­nya kami serahkan ke mereka. Sebab, merekalah yang tahu persis wilayahnya,’’ ucapnya.

Dengan menggunaka­n kendaraan roda dua, puluhan babinsa dan babinkamti­bmas serentak menyalurka­n bantuan. Mereka pun diberi tugas tambahan. Yaitu, sosialisas­i terkait protokol Covid-19 ke warga. Tujuannya, kesadaran masyarakat semakin tinggi. Dengan begitu, persebaran Covid-19 dapat ditekan dan segara turun.

Widodo menambahka­n, semua elemen bisa turut membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Termasuk para pengusaha. Dia mengimbau semua pengusaha bisa menekankan disiplin protokol kesehatan pada karyawanny­a. ’’Dengan begitu, tidak ada lagi klaster baru yang muncul di kawasan industri,’’ ungkapnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? SASAR WARGA TAK MAMPU: Personel babinsa dan bhabinkamt­ibmas bersiap menyalurka­n sembako bantuan dari Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya.
DIPTA WAHYU/JAWA POS SASAR WARGA TAK MAMPU: Personel babinsa dan bhabinkamt­ibmas bersiap menyalurka­n sembako bantuan dari Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia