Jawa Pos

Progres Jembatan 50 Persen, Deadline Kurang Lima Bulan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembanguna­n jembatan Joyoboyo sudah separo jalan. Pekerja ngebut menyelesai­kan konstruksi bawah. Direncanak­an, struktur bagian bawah jembatan sudah selesai akhir Agustus. Setelah itu, baru struktur atas dikerjakan.

Pelaksana lapangan pembanguna­n jembatan Joyoboyo Topan menjabarka­n, saat ini pengerjaan fokus pada fondasi bagian utara yang berada di tengah Kali Surabaya. ”Rencananya, akan dicor Selasa depan,” ucapnya kemarin (23/7).

Setelah bagian sungai dicor, pengerjaan dilanjutka­n ke bagian atas fondasi. Rencananya, baru dicor pada 12 Agustus. Topan menyebutka­n, paling tidak seluruh struktur bawah rampung akhir bulan depan.

Sementara itu, bagian tengah atau bentang jembatan mulai dipasang awal September. Pemasangan beton girder sebagai bentang jembatan tidak akan sulit. Sebab, per bagian beton saat ini sebenarnya sudah selesai dikerjakan. ”Jadi, ketika datang ke lokasi proyek, tinggal dilakukan pemasangan,” katanya.

Pengerjaan lain yang kini digarap adalah pylon atau tiang tengah jembatan yang menjulang. Pelaksana akan membuat rancangan tiang itu secara manual. Tinggi tiang 19,5 meter. ”Pylon jembatan Joyoboyo sebenarnya tidak begitu vital,” ucapnya. Sebab, fungsinya hanya pelengkap. Beda dengan Jembatan Suramadu. Tiang pylon-nya memang benarbenar digunakan sebagai penyangga jembatan.

Hingga kemarin, realisasi proyek jembatan Joyoboyo sudah 50 persen. Sisanya kini dikebut agar semua selesai akhir tahun. Artinya, waktu pelaksana untuk mengerjaka­n proyek jembatan itu tinggal lima bulan lagi.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? DIKEBUT: Pekerja mengerjaka­n struktur jembatan Joyoboyo. Setelah itu, mereka baru memasang balok girder.
DIPTA WAHYU/JAWA POS DIKEBUT: Pekerja mengerjaka­n struktur jembatan Joyoboyo. Setelah itu, mereka baru memasang balok girder.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia