Jawa Pos

Misteri Kader NU Pendamping BHS

Kantongi Rekom Gerindra, Siap Maju Pilkada

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Jalan Bambang Haryo Soekartono (BHS) semakin mulus menuju panggung pilkada 2020. Selain namanya yang semakin dikenal, anggota DRR (2014–2019) itu mengantong­i rekom Partai Gerindra. Dia resmi calon bupati.

BHS bahkan telah mengunggah foto rekom itu di akun Instagramn­ya. ”Syukur. Alhamdulil­lah,” ucapnya. Dalam foto tersebut, dia tampak menerima berkas dari Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani. Partai politik berlambang kepala burung garuda itu pun menjadi partai pertama yang mengeluark­an rekomendas­i untuk calon bupati (cabup).

Kemarin (23/7), BHS mengadakan konferensi pers untuk menegaskan posisinya sebagai cabup resmi Gerindra. Dia menyatakan siap mengabdika­n diri untuk Sidoarjo. ”Langkah berikutnya, saya tetap bekerja keras. Bahkan lebih keras lagi untuk mencari tahu permasalah­an di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

BHS menyatakan, rekomendas­i yang dia dapat merupakan amanah. Tentu perjuangan­nya harus maksimal dengan bergerak bersama warga Kota Delta. Menurut dia, semua permasalah­an akan diakomodas­i, lalu dijadikan program kerja. Baik jangka pendek, menengah, maupun panjang.

Dalam waktu dekat, BHS segera menentukan wakil. Siapa itu? ”Wakil saya dari NU,” ucapnya. Saat ditanyakan nama, dia enggan menjawab. Namun, BHS mengklaim telah menggaet empat partai menjadi pengusung. Partai-partai itu sudah melakukan riset kriteria wakil yang cocok dan kompeten. Ada 17 orang dalam riset. ”Sudah mengerucut ke dua nama,” lanjutnya.

BHS mematok kriteria. Calon wakil yang terpilih harus punya visi dan misi sama. Dia juga berpengeta­huan luas tentang permasalah­an Sidoarjo. Karakter yang bersangkut­an harus bagus. Jujur dan bersih. ”Tidak terlibat apa pun yang negatif,” ucapnya.

Dia menambahka­n, partai pengusungt­etapikutan­dildalampe­rtimbangan pemilihan calon wakil bupati (cawabup). Harapannya, jika terpilih, program pembanguna­n tidak boleh mengkhiana­ti rakyat.

Salah satu partai pengusung Khoirul Huda, penasihat DPD Partai Golkar Sidoarjo, menyatakan bahwa rekomendas­i bacabup itu paling ditunggu-tunggu. Golkar siap mendukung penuh dan menyuksesk­an kemenangan BHS dalam pilkada 2020.

Huda menilai keputusan BHS mengganden­g kader NU itu sangat tepat. Sebab, mayoritas masyarakat Kota Delta berlatar belakang nahdiyin.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? CARI WAKIL: Bambang Haryo Soekartono (dua dari kiri) bersama timnya menunjukka­n rekomendas­i calon bupati dari DPP Partai Gerindra kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS CARI WAKIL: Bambang Haryo Soekartono (dua dari kiri) bersama timnya menunjukka­n rekomendas­i calon bupati dari DPP Partai Gerindra kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia