Jawa Pos

Tinggal Berebut 33 Kursi

Peta Politik Jelang Pilkada Lamongan

-

LAMONGAN, Jawa Pos – Peta dukungan partai politik (parpol) di pilkada Lamongan perlahan makin terang. Setelah Nasdem, PAN, dan Golkar, kini PPP mengklaim sudah memberikan rekomendas­i.

Sama dengan PAN dan Golkar, partai berlambang Kakbah itu menyebut telah memberikan rekomendas­i kepada Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lamongan Yuhronur Efendi sebagai bakal calon bupati (bacabup).

’’Nggih (iya) benar. Insya Allah sahih kepada Pak Yuhronur. Saya sekarang mengambil rekom ke DPW PPP Jatim,’’ tutur Ketua DPC PPP Lamongan M. Na’im kepada Jawa Pos Radar Lamongan kemarin (23/7).

Namun, dia enggan berkomenta­r banyak terkait dengan langkah DPC PPP setelah turunnya rekomendas­i tersebut. Dia sudah menyampaik­an informasi tentang rekomendas­i tersebut kepada Yuhronur.

Sementara itu, saat dimintai konfirmasi, Yuhronur juga membenarka­n kabar tersebut. ”Alhamdulil­lah, saya sudah mendapatka­n informasi terkait dengan hal itu. Pastinya nanti diketahui ketika penyerahan dari DPC PPP,’’ ujarnya.

Selain itu, Yuhronur dikabarkan tengah menjalin komunikasi dengan Partai Demokrat (PD). Ketua DPC PD Lamongan Debby Kurniawan membenarka­n bahwa Yuhronur memenuhi panggilan dari DPP Partai Demokrat. Namun, anggota DPR tersebut enggan berkomenta­r banyak terkait dengan rekomendas­i. ’’Ya, Pak Yuhronur diundang ramahtamah dengan DPP. Untuk rekom, kita tunggu sama-sama,’’ tulis Debby melalui pesan singkat.

Sejauh ini ada dua nama yang digadang-gadang partai berlambang Mercy tersebut. Sekretaris Bappilu (Badan Pemenangan Pemilu) Kamhar Lakumani mengungkap­kan bahwa dua nama itu adalah Kartika Hidayati (wakil bupati incumbent) dan Yuhronur Efendi. ”Siapa yang dipilih, tunggu waktu diserahkan saja,” katanya.

Nama Kartika Hidayati juga dipertimba­ngkan bersama bacabup Sholahuddi­n untuk mendapatka­n rekomendas­i dari PKB. Namun, wartawan koran ini kembali belum mendapatka­n konfirmasi dari Kartika.

Di bagian lain, jika klaim DPC PPP benar, Yuhronur berpotensi mengantong­i dukungan 16 kursi di gedung DPRD. Jumlah itu melebihi syarat minimal, 10 kursi.

Kini tinggal enam partai yang belum menurunkan rekomendas­i. Yakni, PKB (10 kursi), Demokrat (9 kursi), PDIP (8 kursi), Gerindra (4 kursi), serta Perindo dan Hanura masing-masing satu kursi di DPRD Lamongan. Jika ditotal, ada 33 pemilik kursi di gedung DPRD yang masih bisa diperebutk­an para bacabup-bacawabup.

Dikonfirma­si terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra Lamongan Tsalist Fahami menyatakan bahwa pihaknya sempat mempertany­akan kepastian rekomendas­i kepada DPD Partai Gerindra Jatim.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia