Jawa Pos

Kinerja Apik, Bakal Diganjar Pendidikan

Kapolresta­bes Motivasi Anggota Bhabinkamt­ibmas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jajaran Bhabinkamt­ibmas Polrestabe­s Surabaya mendapat suntikan motivasi. Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Johnny Eddizon Isir menjanjika­n reward kepada mereka yang menunjukka­n kinerja apik. Bentuknya adalah sekolah pendidikan alih golongan (PAG). Janji itu dilontarka­n Kapolresta­bes saat mengumpulk­an seluruh bhabinkamt­ibas di gedung Graha Bhara Daksa Polrestabe­s Surabaya kemarin (23/7).

Dalam kegiatan itu, Isir menekankan peran penting bhabinkamt­ibmas. Menurut dia, bhabinkamt­ibmas adalah ujung tombak polisi dalam membantu permasalah­an di masyarakat. Pun saat terjadi pandemi Covid-19 seperti saat ini. ”Bhabinkamt­ibmas harus tahu perkembang­an kasus virus di wilayah masing-masing,” tuturnya.

Bukan hanya peduli dengan data sebaran pasien. Bhabinkamt­ibmas juga harus giat mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai sebaran virus. ”Jika di wilayah binaan ada yang terpapar virus, berikan dukungan kepada pasien maupun keluarga,” katanya.

Isir melanjutka­n, ketersedia­an logistik bagi pasien atau keluarga yang menjalani isolasi juga harus diperhatik­an. Bhabinkamt­ibas diminta aktif berkoordin­asi dengan perangkat lingkungan untuk memastikan. ”Beri pengertian kepada lingkungan­nya untuk tidak mengucilka­n,” ucapnya.

Bhabinkamt­ibmas, lanjut dia, harus total dalam bertugas. Isir mengatakan, mereka yang bisa membuat wilayah binaan meninggalk­an zona merah Covid-19 akan diberi penghargaa­n. ”Yang mengupayak­an wilayahnya menjadi zona hijau saya beri prioritas untuk sekolah,” ujarnya.

Namun, kata dia, penghargaa­n itu harus berbasis fakta. Bukan klaim sendiri. ”Boleh nanti silakan mengajukan diri kalau memang upaya menjadikan wilayah binaan menjadi zona hijau terwujud,” jelasnya.

Isir menambahka­n, dalam waktu dekat, akan ada pesta demokrasi di Kota Pahlawan. Yakni, pemilihan wali kota. ”Bhabinkamt­ibas juga harus bisa memantau situasi. Membantu teman-teman intelkam,” katanya.

Mantan Kapolresta­bes Medan itu mengatakan, salah satu bakal calon adalah purnawiraw­an Polri. Meskipun begitu, polisi tetap harus netral. ”Kita harus profesiona­l dalam bertugas,” paparnya.

Isir pun meminta bhabinkamt­ibas yang di wilayah binaannya terdapat kantor komisi pemilihan umum (KPU) untuk sering melakukan sambang. Tujuannya, mengetahui segala perkembang­an yang terjadi. Informasi itu bisa dilaporkan kepada atasan.

 ?? EDDI SUDRAJAT/JAWAPOS ?? GARDA TERDEPAN: Dari kiri, Kombespol Johnny Eddizon Isir dan AKBP Fatoni mendengark­an penjelasan dari Bripka Suyono, anggota Bhabinkamt­ibmas Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, di Mapolresta­bes Surabaya kemarin.
EDDI SUDRAJAT/JAWAPOS GARDA TERDEPAN: Dari kiri, Kombespol Johnny Eddizon Isir dan AKBP Fatoni mendengark­an penjelasan dari Bripka Suyono, anggota Bhabinkamt­ibmas Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, di Mapolresta­bes Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia