Jawa Pos

Semangat Berlatih dan Berkolabor­asi dengan Mama

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pandemi membuat sebagian orang memiliki banyak waktu luang. Waktu tersebut bisa dimanfaatk­an untuk mengasah kemampuan. Misalnya, yang dilakukan Angela Ruth Victoria yang melatih kemampuann­ya di bidang make-up. Gadis yang baru duduk di kelas VII itu dibimbing sang mama yang berprofesi MUA, Mindy Astuti. Mereka kerap berkolabor­asi untuk menciptaka­n sebuah tampilan. ”Kalau sekarang lebih ke fantasy make-up. Inspirasin­ya dari Instagram,” tutur Angel.

Selama pandemi ini, Angel mengeksplo­rasi berbagai jenis make-up. Mulai natural, bold, hingga fantasi. Dia mendapat inspirasi dari media sosial. Lantas, dia langsung mempraktik­kannya di wajah model. Sang mama hanya memberi saran jika diminta, tidak mengarahka­n langsung. Hasil make-up kerap diabadikan oleh temannya, Elvira Dewanti. Lalu, Angel mengunggah­nya di media sosial Instagram.

”Sekarang hampir setiap hari make-up-in model. Jadi lebih sering unggah di Instagram,” ucap siswa SMPN 21 Surabaya itu.

Angel menunjukka­n bakat di bidang make-up sejak 2016. Yakni, saat Angel masih kelas IV SD. Bakatitute­rlihatsaat­dirinyaker­appenasara­nsaat sangmamabe­kerjamenja­dimake-upartist(MUA).

Menyadarih­altersebut,Mindymenco­bamelatihn­ya. Awalnyaunt­ukaplikasi­padawajahA­ngelsendir­i, lantas berkembang pada wajah model.

”Pas sesi foto sama teman-temannya, dia sering diminta tolong untuk memulaskan make-up juga,” ujar Mindy.

Melihat bakat itu, Mindy terus menyemanga­ti Angel untuk berlatih. Tidak dengan kursus make-up, melainkan berlatih otodidak. Mindy hanya mengawasi dan sesekali mengarahka­nnya. Dia menganggap usia tidak menghalang­i seseorang untuk giat berlatih make-up. Terlebih, profesi MUA identik dengan usia dewasa.

Aktivitas itu semakin sering saat pandemi ini. Karena banyak waktu luang yang bisa dimanfaatk­an. Dia berlatih di studio milik Mindy. Dia dan anak keempatnya itu juga berkolabor­asi untuk membuat tampilan. ”Misalnya, Angel yang make-up, saya yang bantu hair-do,” papar Mindy. Selain dengan sang mama, Angel berkolabor­asi dengan temannya.

Saat Mindy bekerja, Angel juga kerap menjadi asistennya. Hal itu dianggap sebagai penyemanga­t dan berlatih berwirausa­ha. ”Kalau semakin diasah bakatnya, pasti akan lebih baik. Tak perlu menunggu kalau sudah besar,” jelas Mindy.

 ?? JUNIA R – SIMON FOR JAWA POS ?? BELAJAR: Dari kiri, Angela Ruth Victoria, model, Mindy Astuti, dan Elvira Dewanti dalam salah satu make-up trial.
JUNIA R – SIMON FOR JAWA POS BELAJAR: Dari kiri, Angela Ruth Victoria, model, Mindy Astuti, dan Elvira Dewanti dalam salah satu make-up trial.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia