Jawa Pos

Bank Jatim Resmi Lantik Dirut Baru

Siap Dorong Pertumbuha­n Perekonomi­an Jatim

- (kkn)

Bank Pembanguna­n Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) resmi memiliki pemimpin baru. Sosok itu adalah Busrul Iman yang dipilih sebagai direktur utama dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diadakan Bank Jatim. RUPSLB 2020 itu dilaksanak­an di Ruang Bromo, Bank Jatim, Kantor Pusat lantai 5, Surabaya, kemarin (23/7).

Pengangkat­an direktur utama memang menjadi agenda utama RUPSLB tersebut. Terdapat dua figur yang dicalonkan dalam pertemuan itu. Pertama adalah Busrul Iman yang sebelumnya menjabat direktur komersial dan korporasi Bank Jatim. Yang kedua adalah Erdianto Sigit Cahyono yang jabatan terakhirny­a adalah direktur kepatuhan dan manajemen risiko Bank Jatim.

Dua calon itu telah memperoleh persetujua­n menjadi direktur utama Bank Jatim dari hasil penilaian kemampuan dan kepatutan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Busrul Iman akhirnya mendapat suara terbanyak dan dipilih menjadi direktur utama Bank Jatim.

Busrul Iman pun mengucapka­n terima kasih kepada para pemegang saham Bank Jatim atas kepercayaa­n yang diembankan kepadanya. ”Semoga saya bisa menjalanka­n amanah dalam membawa Bank Jatim ke arah yang lebih baik,” ujarnya setelah terpilih menjadi direktur utama Bank Jatim.

Pengangkat­an direktur utama secara definitif tersebut diharapkan semakin meningkatk­an kinerja dan performa Bank Jatim. Hingga Mei 2020, tercatat aset Bank Jatim Rp 72,36 triliun atau tumbuh 9,69 persen (YoY). Dari segi bisnis, kredit Bank Jatim tumbuh 12,07 persen (YoY) atau Rp 38,96 triliun. Untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Jatim naik 10,76 persen (YoY) atau Rp 61,36 triliun.

Pertumbuha­n performa kinerja keuangan yang cukup bagus itu mampu menjaga rasio keuangan Bank Jatim posisi Mei 2020 di tingkat yang wajar. Tercatat return on equity

(ROE) 18,25 persen menunjukka­n rasio profitabil­itas Bank Jatim masih cukup bagus. Dari sisi ketahanan modal, rasio CAR 21,61 persen menggambar­kan kecukupan modal Bank Jatim yang cukup bagus.

Capaian itu diikuti net interest margin

(NIM) 5,88 persen, ROA 2,60 persen, dan tingkat efisiensi Bank Jatim yang cukup bagus. Terutama jika dilihat dari rasio BOPO sebesar 70,71 persen. Dengan catatan kinerja itu, Bank Jatim mampu mencatatka­n laba bersih Rp 608,22 miliar.

Sementara itu, berbagai tantangan dihadapi pemerintah, pelaku usaha, dan industri perbankan pada saat ini. Terutama pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap seluruh elemen masyarakat. Di tengah pandemi, Bank Jatim bersyukur masih mampu berkontrib­usi lewat kinerja yang positif. Khususnya untuk mendorong perekonomi­an Jawa Timur.

Bank Jatim pun menunjukka­n kepedulian kepada masyarakat agar dapat terus berjuang menghadapi pandemi. Hal itu dibuktikan lewat bantuan dengan total akumulatif Rp 4,4 miliar. Bantuan itu tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Beragam inovasi pun terus dikembangk­an Bank Jatim selama pandemi. Salah satunya adalah memaksimal­kan layanan lewat e-channel Bank Jatim. Di antaranya adalah mobile banking, sms banking, dan

internet banking. Nasabah pun dapat lebih mudah, cepat, dan aman mengakses service atau bertransak­si perbankan Bank Jatim dari rumah.

Kemudahan juga diberikan Bank Jatim untuk nasabah dalam pengajuan kredit atau pembiayaan. Selama ini, Bank Jatim telah memiliki e-form kredit yang memudahkan nasabah dalam pengajuan kredit di Bank Jatim. Calon nasabah cukup registrasi melalui portal e-form kredit. Kemudian, Bank Jatim akan mengirimka­n notifikasi melalui sms.

Bank Jatim juga telah memiliki fasilitas kredit multiguna elektronik (e-kmg) yang dapat dimanfaatk­an nasabah. Fasilitas itu merupakan pengembang­an kredit multiguna yang sudah ada sebelumnya. Kali ini e-kmg memudahkan aparatur sipil negara (ASN) aktif dan para pensiunan mengajukan kredit.

Salah satu keunggulan e-kmg adalah kemudahan pengajuan kredit melalui

mobile applicatio­n. Selain itu, nasabah juga cukup memiliki rekening dan payroll gaji yang terdaftar di Bank Jatim.

 ?? BANK JATIM FOR JAWA POS BANK JATIM FOR JAWA POS ?? NAKHODA BARU: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bersama Ketua DPRD Jatim Kusnadi (kiri) mengapit Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman (dua dari kiri) beserta istri usai pelantikan di Gedung Negara Grahadi kemarin (23/7).
BANK JATIM FOR JAWA POS BANK JATIM FOR JAWA POS NAKHODA BARU: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bersama Ketua DPRD Jatim Kusnadi (kiri) mengapit Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman (dua dari kiri) beserta istri usai pelantikan di Gedung Negara Grahadi kemarin (23/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia