Jawa Pos

Gandeng Swasta Beri Beasiswa

Universita­s Tribhuwana Tunggadewi Dukung Cita-Cita Anak Bangsa

-

DI tengah pandemi Covid-19, Universita­s Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) berusaha membantu meringanka­n beban mahasiswa maupun camaba dengan cara memberikan beasiswa. Mengacu pada moto kampus Unitri Education for All, semua warga negara berhak mengenyam pendidikan tinggi, khususnya di Unitri.

’’Calon mahasiswa yang kurang mampu, tapi memiliki semangat maju luar biasa harus disiapkan jalan mulus untuk mengejar citacita mereka. Karena itu, Unitri ingin menjembata­ni,’’ tegas Wakil Rektor III Bidang Perencanaa­n, Kerja Sama, dan Kemahasisw­aan Unitri Dr Totok Sasongko MM.

Melalui Yayasan Bina Patria Nusantara, Unitri memberikan beasiswa berupa pembebasan SPP. Setiap tahun, 50 persen mahasiswa Unitri dibebaskan dari pembayaran SPP. Bahkan, pada tahun akademik 2019/2020, sebanyak 51 persen dari total sekitar 7.000 mahasiswa dibebaskan SPP. Meski demikian, ternyata masih banyak mahasiswa yang membutuhka­n.

Upaya Unitri pun mendapatka­n sambutan positif dari berbagai kalangan. Jika selama ini hanya pemerintah daerah yang memberikan respons positif, tahun ini beberapa perusahaan swasta mulai memberikan kepercayaa­n dengan menyalurka­n beasiswa kepada mahasiswa yang kuliah di Unitri.

Menurut Ketua Dewan Penyantun Yayasan Bina Patria Nusantara Unitri Hesti Purwanto PhD, untuk tahun akademik 2020/2021, sudah tercatat beberapa perusahaan swasta yang berkomitme­n membantu. Di antaranya, CV Surya Mitra Farm, Mojokerto; PT Avram Automation Technology, Surabaya; PT Agridaya, Malang; Rumah

Kebun Dedaunan, Malang; dan Rumah Kebun Trawas, Mojokerto.

Hesti Purwanto mengharapk­an, camaba yang beruntung mendapatka­n kemudahan mengenyam pendidikan tinggi menjadi orang yang bermanfaat dan berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. ’’Setelah mereka lulus, kami berharap mereka kembali ke kampung halaman untuk membangun dan memajukan daerah mereka agar taraf kehidupan masyarakat setempat lebih maju daripada kondisi sekarang,’’ tuturnya.

 ?? UNITRI FOR JAWA POS ?? HAK SEMUA WARGA: Universita­s Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) berusaha membantu meringanka­n beban mahasiswa maupun camaba dengan cara memberikan beasiswa.
UNITRI FOR JAWA POS HAK SEMUA WARGA: Universita­s Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) berusaha membantu meringanka­n beban mahasiswa maupun camaba dengan cara memberikan beasiswa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia