Jawa Pos

Jadi Model Protokol ketika Kompetisi

- –

JAKARTA, Jawa Pos Agenda pertama dalam training camp (TC) timnas Indonesia senior dan U-19 mulai dilaksanak­an kemarin. Yakni, melakukan swab test. Seluruh pemain yang sudah berkumpul dites swab di hotel tempat menginap selama TC berlangsun­g.

Dokter timnas senior Ahmad Nizar menuturkan, khusus untuk timnas senior, dari 29 pemain yang dipanggil, ada empat nama yang berhalanga­n untuk hadir sementara. Yakni, Ilija Spasojevic, Yakob Sayuri, Osvaldo Haay, dan Egy Maulana Vikri. ’’Ada satu pemain yang datang sudah ada keluhan, tapi kami sedang proses untuk perawatan,’’ jelas Nizar.

Dia menegaskan, dalam TC timnas senior dan U-19 kali ini, protokol kesehatann­ya lebih ketat ketimbang timnas U-16. Sebab, protokol kesehatan ini bakal diterapkan untuk lanjutan kompetisi nantinya. ’’Ini model yang akan dilakukan ke depannya di liga. Kalau U-16 protokol soal rapid test-nya itu dua minggu sekali, di sini kami terapkan seminggu sekali,’’ ujarnya.

Untuk latihan, memang tidak ada perbedaan yang mendasar. Sama halnya dengan TC timnas U-16, area latihan di Stadion Madya akan disterilis­asi terlebih dahulu. Kendaraan pengangkut juga begitu, disemprot disinfekta­n lebih dulu. ’’Nanti, selama pemain latihan, tim sterilisas­i akan menyemprot hotel tempat timnas menginap. Begitu setiap hari,’’ jelasnya.

Yang membedakan adalah soal jadwal makan. Timnas senior dan U-19 harus dibagi menjadi beberapa kelompok terlebih dahulu. Lantas, diberi jadwal waktu untuk makan. ’’Sebelum makan, ada pengecekan suhu dan wajib memakai hand sanitizer. Begitu terus tiap kali sebelum dan sesudah makan. Jadi, itu kami lakukan tiga kali sehari,’’ terangnya.

Nizar menambahka­n, pelatih timnas Shin Taeyong sangat memperhati­kan soal protokol kesehatan. Bahkan, menurut dia, permintaan pelatih asal Korea Selatan itu luar biasa ketat dan sulit. Salah satunya adalah menjaga kondisi pemain agar tidak drop dan mudah terserang virus selama TC.

Shin Tae-yong juga terbuka untuk berkomunik­asi masalah program latihan yang dijalankan. Artinya, jika menurut dokter tim program latihan akan berisiko dan menurunkan imunitas, Shin Tae-yong minta agar diingatkan. ’’Ya minimal memang intensitas hanya 60–70 persen saja,’’ ungkapnya.

 ?? PSSI FOR JAWA POS ?? PROTOKOL KETAT: Petugas medis tengah melakukan tes swab kepada salah seorang pemain timnas U-19 kemarin.
PSSI FOR JAWA POS PROTOKOL KETAT: Petugas medis tengah melakukan tes swab kepada salah seorang pemain timnas U-19 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia