Jawa Pos

Kirim Dukungan Perbaikan pada Hari Terakhir Tenggat

Siapkan Berkas Sebanyak 209.150 Lembar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tahapan penyerahan dukungan perbaikan dimulai hari ini sampai Senin (27/7). Meski ada waktu tiga hari, tim sukses M. YasinGunaw­an menjadwalk­an akan mengambil hari terakhir tersebut. Sebab, mereka masih menyiapkan berkas-berkas dukungan perbaikan dengan jumlah minimal 209.150 lembar.

Koordinato­r Divisi Teknis Penyelengg­araan

KPU Surabaya Soeprayitn­o mengungkap­kan bahwa KPU sudah mempersiap­kan diri untuk menerima dokumen perbaikan tersebut. Jumlah dokumen itu cukup banyak sampai 209.150 lembar. Lembaran surat dukungan itu bisa berkardus-kardus.

”Hasil komunikasi kami dengan LO, mereka akan serahkan dokumen perbaikan dukungan 27 Juli 2020, hari terakhir masa penyerahan,” ungkap Nano, sapaan akrab Soeprayitn­o, kemarin (24/7).

Jumlah dukungan minimal 209.150 lembar itu didasarkan pada hasil verifikasi faktual yang selesai pada 22 Juli lalu. Dari total 138.473 lembar surat dukungan yang diverifika­si secara faktual, yang dinyatakan memenuhi syarat hanya 33.990 dukungan. Padahal, jumlah minimal syarat sah menjadi bakal calon wali kota adalah 138.565 dukungan. Maka, kekurangan 104.575 itu dilipatgan­dakan dua kali sehingga menjadi 209.150 lembar.

Lebih lanjut, Nano mengungkap­kan bahwa pihaknya sudah menyampaik­an kepada tim sukses pasangan Yasin-Gunawan agar formulir B-1 KWK perbaikan yang berisi dukungan diurut secara rapi. Urutan tersebut harus sesuai B.1.1 KWK perbaikan yang merupakan hasil cetak dari aplikasi silon. ”Apabila tidak (urut, Red), kami tolak,” kata Nano.

Serah terima dukungan perbaikan itu akan menerapkan prosedur protokol kesehatan. Mulai membatasi jumlah orang hingga menjaga jarak dan wajib menggunaka­n masker. ”Kami per hari ini (kemarin, Red) mulai setting tempat penerimaan. Kami juga sudah membagi personel,” tambah Nano.

Sementara itu, Dadan Wahyudi, tim sukses Yasin-Gunawan, mengungkap­kan bahwa surat dukungan sampai 209.150 lembar tersebut sudah didapatkan. Mereka tinggal menata dokumen itu agar sesuai dengan aplikasi atau data pada silon. ”Sudah (terkumpul lebih dari 209.150, Red), tapi masih tahap finalisasi dan sinkronisa­si antara silon dan fisiknya,” jelas Dadan kemarin.

Dia menyebutka­n bahwa memang ada strategi untuk memaksimal­kan basis pendukung di kawasan Surabaya Utara. Sebab, tidak ada aturan untuk perbaikan dukungan harus di 16 kecamatan seperti pada awal penyerahan dukungan. ”Insya Allah, besok Senin penyerahan berkas dukungan itu,” tambah dia.

 ??  ?? TEGANG: Pendukung YasinGunaw­an saat rekapitula­si verifikasi faktual beberapa waktu lalu.
TEGANG: Pendukung YasinGunaw­an saat rekapitula­si verifikasi faktual beberapa waktu lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia