Jawa Pos

Gunakan Sisa Kain untuk Fashion New Normal

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sudah lama para desainer maupun pebisnis fesyen berusaha mengurangi pembuangan kain sisa. Ternyata, pandemi memberikan ”kesempatan” lebih untuk itu. Hal tersebut diungkapka­n Yoanita Tahalele, dosen Fashion Design and Business UC yang juga memiliki lini fashion.

Ita, sapaan Yoanita Tahalele, menganggap pandemi ini sebagai blessing in disguise. Potongan sisa kain tersebut bisa diolah jadi beberapa perlengkap­an fashion masa kini. Bergantung dengan ukuran dan potongan yang ada. ”Misalnya, dijadikan masker. Bisa dikenakan senada dengan pakaiannya, lebih matching,” paparnya.

Selain untuk masker, ada beberapa jenis aksesori lain. Salah satunya, topi. Demi melindungi rambut saat seseorang berada di area umum, topi sekarang juga mulai diminati. Jenis topi yang bisa menggunaka­n bahan sisa adalah bucket hat, beret, juga newsboy cap.

Ketiganya membutuhka­n bahan yang relatif tidak terlalu banyak. Selain itu, sambungan kain bisa diakali. ”Bentuknya kasual, jadi orang bebas mau pakai seharihari,” tutur owner Flying Feather tersebut.

Opsi alternatif pemanfaata­n sisa kain busana adalah dijadikan obi atau sabuk. Desain ini bisa divariasik­an bentuknya sesuai gaya masing-masing. ”Paling kecil bisa juga untuk ikat rambut,” jelasnya.

Kaliini,Itamenggun­akanbahank­atundanray­on. Jenis kain tersebut memang paling efisien sebagai masker nonmedis. Sebab bahannya sejuk dan mudah dicuci. ”Kekurangan­nya, hanya 60 persen efektif dibanding masker medis,” jawabnya.

Bahan kain lain juga bisa digunakan. Misalnya, linen dan scuba. Bahannya efisien juga sebagai masker. Bedanya, linen agak panas dan tidak selembut katun. ”Dan kalau scuba harus double layer ya,” tuturnya.

Corak shibori yang digunakan punya keunggulan. Sambungan tidak terlalu terlihat. ”Memang ini ngaruh banget, dengan pola shibori itu sisa bahan jadi tinggal 2 persen. Jadi, less waste,” jawabnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? LESS WASTE: Dua model mengenakan outfit matching dengan teknik shibori. Sisa kain busana dijadikan masker dan topi.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS LESS WASTE: Dua model mengenakan outfit matching dengan teknik shibori. Sisa kain busana dijadikan masker dan topi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia