Jawa Pos

Nasdem dan PDIP Bantah Jegal Rotasi Ketua DPRD

-

GRESIK, Jawa Pos – DPP PKB sudah menyerahka­n SK pencabutan mandat Fandi Akhmad Yani sebagai ketua DPRD Gresik Senin lalu (20/7). Sebagai gantinya, parpol pemenang pileg di Gresik itu menunjuk M. Abdul Qodir sebagai ketua DPRD Gresik yang baru.

Sesuai ketentuan, SK pergantian ketua itu mesti segera diproses. Namun, beredar kabar bahwa penggantia­n pucuk pimpinan dewan tersebut tidak mulus. Beberapa parpol berupaya menjegal. Informasi yang dihimpun Jawa Pos, di antara parpol itu, ada Nasdem dan PDIP.

Betulkah? Ketua DPD Nasdem Gresik Syaiful Anwar menampik tegas isu tersebut. ”Tidak ada hubunganny­a. Lagi pula, kami tidak berhak karena Gus Yani

kan tidak berangkat dari Nasdem pada Pileg 2019,” ujarnya.

Syaiful menyatakan, kebijakan pergantian ketua DPRD Gresik itu merupakan kewenangan penuh DPC PKB Gresik sebagai peraih kursi terbanyak di dewan. Lagi pula, lanjut dia, nanti Yani pun tetap mundur dari kursi anggota legislatif karena maju di pilkada.

Pernyataan senada disampaika­n oleh Ketua DPC PDIP Gresik Mujid Ridwan. Pria yang juga menjabat wakil ketua DPRD Gresik itu menjelaska­n, usul penggantia­n ketua dewan sudah disampaika­n oleh PKB. ”Nanti ditawarkan kepada seluruh anggota badan musyawarah (bamus) untuk menjadwalk­an sidang paripurna,” kata Mujid.

Menurut Mujid, mekanisme pergantian pimpinan dewan akan memakan waktu sekitar satu bulan. Mulai pengajuan hingga pelantikan ketua DPRD definitif nanti. ”Jadi, ada mekanismen­ya, bukan upaya menjegal. Selama memenuhi persyarata­n yang ditentukan dalam tata tertib, harus dilaksanak­an,” katanya.

Seperti diberitaka­n kemarin, melalui SK bernomor 3013/ DPP/01/VII/2020, DPP PKB mencabut mandat Yani sebagai ketua DPRD Gresik. Salah satunya karena wakil rakyat dari dapil Cerme-Duduksampe­yan itu dinilai gagal mengemban jabatan sebagai ketua dewan. PKB sudah memutuskan untuk mengajukan pasangan Mohammad QosimAsluc­hul Alif di pilkada Gresik, namun Yani tetap bermanuver politik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia