Jawa Pos

Ajarkan soal Higienitas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pada masa pandemi Covid-19 seperti ini, anak-anak harus mendapat perhatian lebih. Sebab, mereka juga rentan terinfeksi penyakit yang belum ditemukan vaksinnya tersebut. Banyak anak yang belum paham tentang cara menjaga kebersihan diri agar terhindar dari penyakit yang teridentif­ikasi kali pertama di Tiongkok itu.

Karena itu, Gugah Nurani Indonesia (GNI) kemarin membagikan hygiene kit kepada ratusan anak di kawasan Wonokusumo, Surabaya. Paket kebersihan diri tersebut terdiri atas sabun cuci tangan, sabun untuk bersih diri, hand sanitizer, dan masker khusus untuk anak-anak. Hygiene kit itu dikemas dengan tas ramah lingkungan.

Menurut Manager Community

Developmen­ts Project (CDP) Cicik Sri Redjeki, mereka juga ingin mengajarka­n hal lain. ”Tasnya semacam tote bag. Selain kebersihan diri, anak-anak juga bisa menjaga kebersihan lingkungan,” ungkapnya. Dia menambahka­n, masing-masing mendapatka­n lima masker kain karya komunitas ibu-ibu Wonokusumo yang tergabung dalam kelompok bisnis di bawah naungan GNI.

Hingga kini, kelompok bisnis pembuat masker itu telah memproduks­i 23 ribu masker. Masker buatan tangan ibu-ibu Wonokusumo itu, kata dia, telah dikirim kepada pengurus GNI lainnya di berbagai daerah. Misalnya, Bekasi, Bogor, Sukabumi (Jawa Barat), Lombok (Nusa Tenggara Barat), Jeneponto (Sulawesi Selatan) dan

Borong (Nusa Tenggara Timur).

Cicik menambahka­n, selain menyalurka­n bantuan berupa hygiene kit, pihaknya juga menyertaka­n flyer yang berisi tata cara menggunaka­n masker dengan benar serta mencuci masker kain. Anggota GNI juga menjelaska­n cara-cara menjaga kebersihan diri. ”Anggota kami juga menyampaik­an imbauan itu. Jadi harapannya, mereka bisa menjadi garda pencegahan persebaran Covid-19,” tuturnya.

Hygiene kit itu dibagikan kepada anak-anak secara bergelomba­ng, mulai Rabu (15/7) hingga kemarin (24/7),ditujuhRW.Yakni,RWII,VI, VII, VIII, XII, XIV, dan XV. Jumlah anak di setiap RW-nya yang mendapatba­ntuanhygie­nekititura­ta-rata 25hingga40­anak.

 ??  ??
 ?? GNI FOR JAWA POS ?? BEGINI PAKAINYA: Anggota GNI menjelaska­n cara penggunaan hygiene kit kepada anak-anak di Wonokusumo kemarin.
GNI FOR JAWA POS BEGINI PAKAINYA: Anggota GNI menjelaska­n cara penggunaan hygiene kit kepada anak-anak di Wonokusumo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia