Jawa Pos

Ruang Isolasi MPP Tak Difungsika­n

Jumlah Pasien Terus Berkurang

-

SIDOARJO, Jawa Pos ‒ Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo tidak mengoperas­ikan lagi Mal Pelayanan Publik (MPP). Gedung yang semula dipakai untuk ruang isolasi pasien Covid-19 itu sementara ditinggalk­an. Dari 119 pasien, jumlahnya terus berkurang.

Awalnya, pasien OTG yang menjalani isolasi mencapai 119 orang. Tetapi, jumlahnya terus menyusut. Banyak pasien yang sudah pulang dan dinyatakan sehat. Itu menyusul aturan baru menteri kesehatan yang menyatakan bahwa OTG tanpa gejala dalam sepuluh hari isolasi sudah dianggap sehat.

Mereka tidak perlu lagi melakukan tes swab untuk memastikan sudah negatif

Konfirmasi positif: 2.911

959 207 172 1.573

Covid-19. Padahal, kebijakan sebelumnya mewajibkan seseorang memiliki hasil negatif swab test dua kali sebelum dinyatakan sembuh. Mereka yang positif Covid-19 dan diisolasi bertahan lama di tempat tersebut. Ada yang hampir satu bulan.

’’Sekarang tidak perlu lama di tempat isolasi. Tanpa gejala bisa pulang,’’ ujar Kepala Dinkes Sidoarjo drg Syaf Satriawarm­an SpPros kemarin (24/7).

PDP: 1.024 74 417 160

ODP: 1.620 30 113

Syaratnya, mereka telah menjalani isolasi minimal sepuluh hari. Jika ada gejala, mereka bisa mendapatka­n perawatan di rumah sakit.

Dengan kebijakan anyar itu, Syaf mengakui ruang isolasi semakin longgar. Bahkan, pemerintah telah berencana menonaktif­kan tempat isolasi di MPP mulai 4 Agustus. ”Masih menunggu surat resmi (penonaktif­an),” ungkapnya.

Rencana itu masih dirapatkan. Tetapi, besar kemungkina­n rencana tersebut terealisas­i. Sebab, pasien di sana sudah sepi. Pasien yang masih menjalani isolasi bakal dialihkan ke salah satu hotel di Jalan Diponegoro. Hotel itu berkapasit­as 70 orang.

Syaf menyatakan, meski MPP dinonaktif­kan, semua peralatan di sana masih terpasang. Kamar isolasi juga tidak dibongkar. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu diperlukan dan ada ledakan pasien OTG, MPP dapat kembali difungsika­n. ’’Masih ada fasilitasn­ya. Hanya tidak difungsika­n,’’ ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia