Jawa Pos

Sebulan, Dua Kali Rombak Pejabat

Wali Kota Kebut Merger Lima OPD

-

MOJOKERTO, Jawa Pos – Wali Kota Ika Puspitasar­i kembali merombak jabatan di lingkungan Pemkot Mojokerto. Sebanyak 31 pejabat masuk gerbong mutasi yang dilaksanak­an pada Jumat (24/7). Pelantikan dan pengambila­n sumpah pejabat setingkat eselon III dan IV itu dilakukan secara terbuka di halaman Rumah Rakyat Hayam Wuruk 50, Kecamatan Magersari.

Ning Ita, sapaan akrab wali kota, mengatakan bahwa pelantikan jabatan dilangsung­kan dalam upaya penyegaran, perputaran, sekaligus pembaruan posisi dalam jabatan. ’’Ya memang dibutuhkan saja. Dibutuhkan untuk beberapa jabatan kosong dan penyegaran,’’ ujarnya.

Menurut dia, mutasi dan promosi jabatan merupakan dinamika dalam organisasi. Dari 31 pejabat yang masuk perombakan kemarin, 12 di antaranya terdiri atas pejabat administra­tor dan 19 pengawas.

Pelantikan jabatan itu merupakan kali kedua yang dilakukan selama bulan ini. Kamis (16/7) pekan lalu wali kota perempuan pertama di Kota Onde-Onde tersebut juga mengambil sumpah 15 pejabat fungsional di lingkungan Pemkot Mojokerto.

Meski demikian, Ning Ita memberikan sinyal untuk kembali merotasi mutasi demi lancarnya roda pemerintah­an di Kota Mojokerto. Terutama untuk mengisi sejumlah kursi jabatan yang masih lowong. Masingmasi­ng yang masih diduduki pelaksana tugas (Plt), antara lain, kursi kepala dinas sosial (dinsos), dinas perumahan dan kawasan permukiman (DPKP), dinas pemberdaya­an perempuan, perlindung­an anak, dan keluarga berencana (DP3AKB), serta dinas komunikasi dan informatik­a (diskominfo).

Selain itu, jabatan kosong lainnya terdapat pada kursi kepala badan penelitan dan pembanguna­n (balitbang), kepala dinas koperasi usaha mikro dan tenaga kerja (diskumnake­r), kepala badan kesatuan bangsa dan politik (bakesbangp­ol), serta satu kursi staf ahli.

Dari kekosongan kursi tersebut, beberapa di antaranya memang sengaja tidak diisi definitif. Itu menyusul rencana pemkot yang melakukan merger atau penggabung­an lima organisasi perangkat daerah (OPD).

Sebagaiman­a diketahui, terdapat lima OPD yang bakal dimerger. Bahkan, empat di antaranya akan dilebur. Masing-masing adalah DPKP yang akan digabung ke dinas pekerjaaan umum dan penataan ruang (DPUPR). Sementara itu, DP3AKB juga dilebur ke dalam dinas kesehatan (dinkes) untuk fungsi KB dan dinsos buat pemberdaya­an perempuan dan anak.

Selain itu, diskumnake­r bakal digabung dengan dinas perindustr­ian dan perdaganga­n (disperinda­g) untuk fungsi koperasi dan dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) untuk tenaga kerja (DPMPTSPTK). Sementara itu, balitbang dimerger dengan Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Kota (Bappeko) Mojokerto.

 ?? RADAR MOJOKERTO ?? PENUHI PROTOKOL KESEHATAN: Sebanyak 31 pejabat administra­tor dan pengawas di lingkungan Pemkot Mojokerto mengikuti prosesi pelantikan dan pengambila­n sumpah di Rumah Rakyat kemarin.
RADAR MOJOKERTO PENUHI PROTOKOL KESEHATAN: Sebanyak 31 pejabat administra­tor dan pengawas di lingkungan Pemkot Mojokerto mengikuti prosesi pelantikan dan pengambila­n sumpah di Rumah Rakyat kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia