Jawa Pos

Tiga Rumah Sakit Gabung Program Klaim Kecelakaan Online

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jumlah rumah sakit yang bergabung dalam program traffic accident claim system (TACS) bertambah. RSAL dr Ramelan secara resmi mendukung program tersebut.

Kasatlanta­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Teddy Chandra mengatakan bahwa RSAL sudah bergabung menjadi bagian dalam program TACS. Ada tiga rumah sakit yang bergabung. RSAL dr Ramelan, RS Bhayangkar­a Polda Jatim, dan RS Wiyung Sejahtera

Ketiganya dinilai telah menunjukka­n langkah konkret berinovasi dalam memberikan pelayanan. ”Bentuk sinergitas seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat,” katanya kemarin (24/7).

TACS, kata dia, adalah program nyata untuk menekan fatalitas kecelakaan. Dengan inovasi tersebut, masyarakat bisa mendapat pelayanan secara maksimal. Sebab, administra­si mereka lebih terjamin.

Manfaat TACS, lanjut dia, sebenarnya bukan hanya untuk masyarakat. RS secara tidak langsung juga akan merasakan. Mereka menjadi lebih profesiona­l. ”Nama baik di mata masyarakat tentunya juga bertambah,” ungkapnya.

Teddy menyatakan, pihaknya akan terus mendorong semua rumah sakit di Kota Pahlawan untuk bergabung. Dia mengaku sudah berkoordin­asi dengan Perhimpuna­n Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi).

Menurut dia, diskusi secara lisan sudah dilakukan. Dalam waktu dekat pihaknya melakukan sosialisas­i secara virtual kepada rumah sakit di bawah naungannya. ”Kami dorong untuk ikut semua. Dengan begitu, program yang berjalan semakin maksimal,” ucapnya.

TACS sendiri diresmikan pada akhir bulan lalu. Polda Jatim meminta semua polres jajaran mengganden­g rumah sakit di wilayahnya untuk kerja sama.

TACS diharapkan bisa menjadi solusi masalah adminitras­i yang selama ini menjadi momok penanganan medis. Sebab, dengan program itu, data di rumah sakit bisa langsung terkoneksi dengan penyidik dan Jasa Raharja sebagai penanggung jawab asuransi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia