Jawa Pos

Polinema Buka Pendaftara­n Mahasiswa Baru

Fokus Terapkan Pendidikan Vokasi

-

MEMBENTUK sumber daya manusia berkompete­n dan siap menghadapi industri kerja merupakan salah satu misi perguruan tinggi sebagai lembaga formal. Terutama dalam menyiapkan generasi penerus yang adaptif terhadap kemajuan teknologi dan dinamika dunia kerja. Visi dan misi itu juga yang terus diemban Politeknik Negeri Malang atau lebih dikenal dengan Polinema.

Polinema adalah perguruan tinggi negeri vokasi di Kota Malang. Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi program diploma yang menyiapkan mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu. Targetnya hingga program sarjana terapan. Pendidikan vokasi dapat dikembangk­an hingga program magister terapan atau program doktor terapan. Sistem pendidikan­nya fokus mempersiap­kan lulusan yang terampil dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan industri.

Sistem pendidikan Polinema menerapkan 40 persen teori dan 60 persen praktik. Metode itu diterapkan lewat kurikulum berbasis kerangka kualifikas­i nasional Indonesia. Yaitu 5+1 bagi mahasiswa Diploma III dan 7+1 bagi mahasiswa Diploma VI (sarjana terapan).

Saat ini Polinema memiliki beragam pilihan program studi (prodi) di Bidang Rekayasa dan Tata Niaga. Pembagiann­ya terdiri atas 45 program studi pilihan dalam tujuh jurusan. Di antaranya, 13 program studi Diploma IV (sarjana terapan), 13 program studi Diploma III, 3 program studi Diploma III PSDKU Kota Kediri, 6 program studi kelas internasio­nal, dan 10 program studi double degree.

Polinema merupakan salah satu politeknik negeri dengan akreditasi A (unggul) dan politeknik pertama berstatus Satker BLU. Saat ini Polinema membuka pendaftara­n bagi mahasiswa baru jalur seleksi mandiri tahun akademik 2020/2021. Pendaftara­n dibuka pada 6 Juli 2020 dan ditutup 6 Agustus 2020.

Jalur seleksi mandiri merupakan jalur seleksi mahasiswa baru dengan ujian akademis berbasis komputer alias computer based test (CBT).

Tes itu untuk mengukur proyeksi kemampuan peserta dalam menyelesai­kan studi pada jenjang Diploma III dan Diploma IV pada program studi di Polinema.

Jalur seleksi mandiri ditujukan kepada lulusan SMA, MA, SMK, dan sederajat (kejar paket C dan

home schooling). Baik negeri maupun swasta yang terakredit­asi. Bagi calon pendaftar yang telah mengikuti seleksi jalur SNMPN dan SBMPN, jangan khawatir jika belum diterima. Masih ada kesempatan lewat seleksi melalui jalur mandiri.

Calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyarata­n agar dapat mengikuti seleksi jalur mandiri. Yakni, memiliki nomor induk siswa nasional (NISN). Selanjutny­a, lulus SMA, MA, SMK, dan kejar paket C tahun lulus 2018, 2019, dan 2020. Terdapat syarat tidak buta warna bagi peserta yang memilih Prodi Bidang Rekayasa. Untuk hal itu, peserta harus mengunggah hasil tes buta warna dari rumah sakit, puskesmas, atau klinik dokter mata.

Selain itu, usia calon mahasiswa maksimal 21 tahun pada Juli 2020. Calon mahasiswa juga bersedia melakukan rangkaian tes lanjutan yang disyaratka­n untuk prodi tertentu. Syarat lainnya adalah bersedia menyerahka­n rapor, ijazah, dan dokumen pendukung lain saat daftar ulang apabila diterima.

Calon mahasiswa baru dapat mendaftar dengan mengakses laman http://spmb.polinema.ac.id. Pilih menu pendaftara­n Jalur Mandiri, lalu isi formulir pendaftara­n. Setelah itu, calon mahasiswa akan mendapat nomor token dan kode pengaman. Token digunakan sebagai ID pembayaran. Biaya pendaftara­n seleksi jalur mandiri Rp 250 ribu dan dibayarkan melalui BRI, BNI, Mandiri, atau BTN. Pembayaran wajib mengikuti mekanisme di

website pendaftara­n.

Jika pembayaran sudah tervalidas­i oleh sistem, calon mahasiswa akan menerima SMS berisi PIN untuk login pada laman http://spmb. polinema.ac.id. Kemudian, pilih menu pendaftara­n Login Pendaftara­n dengan nomor token, PIN, dan kode pengaman. Tahap selanjutny­a adalah melengkapi data isian detail pada formulir isian data pendaftar. Setelah itu, calon mahasiswa dapat mencetak kartu ujian seleksi mandiri. Ujian akan dilaksanak­an secara

online. Langkah itu diambil sesuai dengan program percepatan penanggula­ngan Covid-19 yang menerapkan physical distancing dari pemerintah. Ujian akademis computer based

test (CBT) dilaksanak­an pada 8–12 Agustus 2020. Hasil seleksi akan diumumkan pada 14 Agustus 2020 secara online melalui website resmi Polinema dan ditempel di kampus Politeknik Negeri Malang.

 ??  ?? AKREDITASI A: Politeknik Negeri Malang (Polinema) memiliki 45 program studi pilihan dalam tujuh jurusan. Saat ini, Polinema membuka pendaftara­n bagi mahasiswa baru jalur seleksi mandiri tahun akademik 2020/2021. Pendaftara­n ditutup 6 Agustus 2020.
AKREDITASI A: Politeknik Negeri Malang (Polinema) memiliki 45 program studi pilihan dalam tujuh jurusan. Saat ini, Polinema membuka pendaftara­n bagi mahasiswa baru jalur seleksi mandiri tahun akademik 2020/2021. Pendaftara­n ditutup 6 Agustus 2020.
 ?? FOTO-FOTO: POLINEMA FOR JAWA POS ?? KEMBANGKAN SDM: Lulusan pendidikan vokasi diharapkan memiliki skill prima dan dapat mengembang­kan keahlian kerja, beradaptas­i, dan pola pikir dinamis.
FOTO-FOTO: POLINEMA FOR JAWA POS KEMBANGKAN SDM: Lulusan pendidikan vokasi diharapkan memiliki skill prima dan dapat mengembang­kan keahlian kerja, beradaptas­i, dan pola pikir dinamis.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia