Jawa Pos

Bagikan Masker dan Brosur ke Pengendara

-

SURABAYA, Jawa Pos – Belasan polisi berkumpul di Jalan Raya Darmo. Mereka membagikan masker dan brosur kepada pengendara yang melintas. Kasatlanta­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Teddy Chandra mengatakan, kegiatan itu adalah rangkaian Operasi Patuh Semeru 2020.

Teddy menjelaska­n, pelaksanaa­n operasi yang akan berlangsun­g dua pekan tersebut memang berbeda dengan kegiatan serupa di tahun sebelumnya. Sebab, saat ini terjadi pandemi Covid-19. ”Fokus kami bukan hanya soal lalu lintas,” tuturnya.

Dia menerangka­n, jajarannya mengedepan­kan edukasi pada jalannya operasi. Materi sosialisas­i tidak hanya tata tertib berkendara. Tetapi juga protokol kesehatan. ”Mengingatk­an masyarakat bahwa pandemi ini belum selesai. Jadi, kita semua harus disiplin menjalanka­n protokol kesehatan,” kata alumnus Akpol 2002 itu.

Menurut dia, ada ratusan masker yang dibagikan kepada masyarakat. Bukan hanya kepada pengendara. Melainkan juga masyarakat di sekitar lokasi kegiatan.

Teddy menambahka­n, edukasi memang menjadi prioritas langkah dalam operasi.

Namun, tidak berarti polisi tutup mata dengan pelanggara­n lalu lintas. ”Jika ada temuan pelanggar tetap ditindak,” ujarnya,

Dalam operasi itu, pihaknya mempunyai tujuh jenis pelanggara­n yang menjadi atensi. Yakni, melawan arus, mengendara­i motor tanpa helm, tidak memakai sabuk pengaman ketika mengemudik­an mobil, dan memacu kendaraan melebihi batas kecepatan. Disusul pengendara di bawah umur, pengendara yang mengoperas­ikan ponsel, serta berkendara dalam pengaruh alkohol.

Teddy menegaskan, tujuh pelanggara­n itu tidak akan mendapat toleransi. Jajarannya akan langsung memberi tindakan tegas berupa surat tilang. ”Kendaraan juga bisa disita kalau suratsurat­nya tidak lengkap,” ucap polisi dengan dua melati di pundak itu.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pembagian masker dan brosur akan kembali dilakukan di tempat lain. Dia memastikan kegiatan tersebut bakal berkelanju­tan. ”Unit dikyasa yang menjadi leading sector. Dalam dua pekan ini, kami giatkan sosialisas­i peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan,” tandasnya.

 ?? EDI SUDRAJAT/ JAWA POS ?? EDUKASI: Polisi membagikan masker serta brosur berisi peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan di Jalan Raya Darmo.
EDI SUDRAJAT/ JAWA POS EDUKASI: Polisi membagikan masker serta brosur berisi peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan di Jalan Raya Darmo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia