Jawa Pos

Prihatin Banyak Kepala Daerah Terpapar Covid-19

-

JAKARTA, Jawa Pos – Jumlah kepala daerah yang terpapar Covid-19 terus bertambah. Terbaru, Bupati Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Ilyas Panji Alam dan Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani dinyatakan positif pada Senin (27/7).

Sebelumnya sejumlah kepala daerah dan wakilnya juga pernah dinyatakan positif Covid-19. Di antaranya Wali Kota Bogor Bima Arya, Bupati Pemalang Junaedi, Wali Kota Tanjungpin­ang Syahrul, dan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. Ada juga Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, hingga Wakil Bupati

Kotawaring­in Barat Ahmadi Riansyah.

Dirjen Otonomi Daerah Kementeria­n Dalam Negeri Akmal Malik Piliang mengatakan, pihaknya prihatin atas terpaparny­a sejumlah kepala daerah. Termasuk yang terbaru, Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam. ”Kita pasti pertama berdoa agar cepat sembuh,” ujarnya saat dikonfirma­si kemarin.

Akmal menambahka­n, keputusan para kepala daerah untuk mengumumka­n kondisi kesehatann­ya patut diapresias­i. Hal itu diperlukan untuk menghindar­i kontak langsung mengingat aktivitas kepala daerah cukup tinggi.

Hanya, Akmal berharap para kepala daerah tidak sebatas mengumumka­n. Tapi perlu juga memberi contoh bagaimana mereka bisa menerapkan protokol kesehatan yang benar untuk dipatuhi. ”Beliau bisa jadi contoh bagi warga tentang bagaimana treatment langkah-langkah yang harus dilakukan seseorang ketika dirinya terpapar,” imbuhnya.

Akmal juga meminta polemik soal bupati Ogan Ilir yang menggelar konferensi pers di saat positif korona tidak dipersoalk­an. Selama dilaksanak­an dalam jarak yang cukup dan menerapkan protokol kesehatan, hal itu bukan persoalan. Apalagi, tujuannya agar publik tahu kondisinya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia