Jawa Pos

Tetap Bahas RUU Ciptaker, Buruh Ancam Demo Lagi

-

JAKARTA, Jawa Pos – Badan Legislasi (Baleg) DPR melalui Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) terus menggelar pembahasan meski sedang reses. Kemarin (28/7) mereka melanjutka­n pembahasan daftar inventaris­asi masalah (DIM) untuk klaster perizinan usaha. Sejauh ini mereka sudah tiga kali menggelar pembahasan selama masa reses.

Ketua Baleg Supratman Andi Agtas mengatakan, pembahasan dikebut karena harus tuntas dalam dua kali masa sidang. Dia juga memastikan bahwa usaha panja untuk melanjutka­n pembahasan mulai memperliha­tkan hasil. ”Sejauh ini ada 3.172 DIM yang sudah tuntas. Masih tersisa 3.480 DIM. Sebenarnya ada jadwal, tapi tidak kami lanjutkan,” ujarnya.

Supratman tidak memastikan apakah pembatalan dilakukan karena ada demo yang dilakukan Konfederas­i Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Hari ini (29/7) KSPI memang berencana menggelar demo mengepung gedung DPR. Aksi itu merupakan respons terhadap sikap DPR yang tetap membahas RUU Ciptaker meski sedang reses. ”Kami protes sikap DPR yang tidak mau mendengar publik ini,” kata Presiden

KSPI Said Iqbal.

Fraksi Demokrat juga terus melayangka­n kritik atas pembahasan RUU Ciptaker omnibus law itu. Anggota Fraksi Demokrat Didik Mukrianto menilai pembahasan RUU tersebut menimbulka­n kecurigaan publik. Pembahasan saat reses itu dianggap inkonstitu­sional hingga tidak demokratis.

Menurut Didik, UU harus dibahas dalam suasana yang tenang. Tanpa harus diburuburu waktu, apalagi kepentinga­n. ”Sebab, undang-undang harus dipastikan menjadi payung hukum dan melindungi seluruh kepentinga­n masyarakat.”

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? RESES TETAP RAPAT: Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas (kiri) bersama Wakil Ketua Baleg M. Nurdin memimpin rapat Panja RUU Cipta Kerja di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/7).
HENDRA EKA/JAWA POS RESES TETAP RAPAT: Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas (kiri) bersama Wakil Ketua Baleg M. Nurdin memimpin rapat Panja RUU Cipta Kerja di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia