Jawa Pos

Panen, tapi Harga Masih Rendah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Panen garam akan mulai merata di seluruh sentra produksi di Jawa Timur (Jatim) pada akhir bulan ini. Sayangnya, panen tiba saat harga garam di tingkat petani masih rendah. Bahkan, disparitas harga antara garam petani dan garam olahan pabrik masih tinggi.

Ketua Umum Himpunan Masyarakat Petani Garam M. Hasan mengatakan bahwa sebagian sentra produksi Jatim mulai panen sejak akhir bulan lalu. Yakni, dimulai dari Madura yang panen pada pekan ketiga Juli. Bertahap, panen di seluruh wilayah akan merata pada akhir bulan ini. ’’Sebagian Probolingg­o, Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, dan Surabaya sudah panen,’’ ujarnya kemarin (28/7).

Musim panen tahun ini bakal berlangsun­g sampai Desember. Sebab, musim produksi yang biasanya berawal pada Juni mundur sebulan. ’’Tahun ini target produksi garam Jatim mencapai 1,2 juta ton. Naik daripada tahun lalu yang 1,1 juta ton,’’ ungkapnya.

Dia optimistis target itu tercapai. Apalagi, pemerintah turut meningkatk­an produksi garam. Misalnya, lewat normalisas­i saluran dan bantuan geo membrane. ’’Tetapi, upaya peningkata­n produksi belum diikuti dengan membaiknya harga,’’ jelasnya.

Sejak tahun lalu sampai sekarang, harga garam pabrikan Rp 550 hingga Rp 600 per kilogram.

Dengan penghitung­an biayabiaya lain, harga garam pada tingkat petani hanya Rp 250 sampai Rp 350 per kilogram.

Karena itu, Hasan meminta pemerintah segera menetapkan harga pembelian pemerintah (HPP) terhadap garam. Dia telah mengusulka­n agar HPP garam berkisar Rp 1.500 per kilogram. ’’Pabrik juga sebaiknya menaikkan harga di tingkat petani,’’ tuturnya. Apalagi, naik-turunnya harga di tingkat petani tidak berpengaru­h pada harga jual garam di pasaran.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? GARAM RAKYAT: Petani memeriksa aliran air di ladang garam kawasan Benowo, Pakal, Surabaya, kemarin (28/7).
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS GARAM RAKYAT: Petani memeriksa aliran air di ladang garam kawasan Benowo, Pakal, Surabaya, kemarin (28/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia