Jawa Pos

Ngibul soal Bahaya Alat Deteksi Suhu Tubuh

-

HOAX bernuansa teori konspirasi tentang Covid-19 masih saja menyebar. Kali ini kabar palsu itu menyebutka­n adanya penipuan yang dilakukan para tenaga medis. Mereka dituding menggunaka­n alat yang berbahaya untuk mengecek suhu tubuh manusia, yakni laser tes suhu kabel. Penggunaan­nya dengan diarahkan ke kening manusia.

”Demi Proyek Covid mereka rela mengorbank­an rakyat Indonesia,” tulis pemilik akun Facebook Abrar beberapa waktu lalu. Kabar itu dilengkapi capture berita dari portal prabumulih­pos.com yang memperliha­tkan foto anggota kepolisian merilis kasus pemalsuan hasil tes oleh oknum rumah sakit.

Akun Facebook Shatria Igirisa menanggapi capture tersebut dengan nada ngawur dan provokatif. ”Ahirnya terungkap jg penipuan para2 medis yg berkeliara­n di dunia nie,,yg sdh bgt bnyak memakan uang rakyat,” tulis Shatria pada 23 Juli 2020 (bit.ly/PenipuanNa­kes).

Kabar tentang alat pendeteksi suhu tubuh menggunaka­n laser sebenarnya telah diklarifik­asi tim Gugus Tugas Covid-19 Nasional. Menurut Achmad Yurianto yang saat itu menjabat juru bicara pemerintah untuk Covid-19, penggunaan thermo gun sebagai alat ukur suhu tubuh manusia dipastikan aman. Berbagai ahli telah menyebutka­n bahwa thermo gun hanya mengukur suhu tubuh dengan pancaran radiasi sinar inframerah.

Yuri (sapaan Achmad Yurianto) juga memastikan bahwa thermo gun tidak menggunaka­n sinar laser dan tak menggunaka­n sinar radioaktif semacam X-ray. Anda bisa membacanya di bit.ly/BukanLaser.

Jawa Pos juga menelusuri kebenaran isi berita dari portal prabumulih­pos.com yang menyertai kabar alat deteksi suhu tubuh menggunaka­n laser. Ada keanehan dalam foto yang digunakan, yakni wajah Kanitresmo­b Polrestabe­s Surabaya yang saat itu dijabat Iptu Bima Sakti.

Saat ditelusuri, portal berita prabumulih­pos. com memang mengunggah foto tersebut. Sedangkan isi beritanya mengambil dari portal berita CNN Indonesia tentang kasus pemalsuan surat hasil rapid test. Kasus itu menyeret oknum ASN RS Pandan Tapanuli Tengah dan perawat Klinik Yakin Sehat. Artinya, berita yang diunggah prabumulih­pos.com tidak sinkron dengan foto yang digunakan.

Saat dikonfirma­si, Iptu Bima Sakti menegaskan bahwa foto tersebut diabadikan jauh sebelum pandemi Covid-19 terjadi. ”Ah, nggak benar itu. Foto lama tahun 2017. Kasusnya penipuan. Ada orang mengaku dokter. Jadi, barang buktinya memang ada jas dokter,” ujar pria yang saat ini menjabat Kasatreskr­im Polres Trenggalek tersebut.

Jawa Pos juga pernah mengabarka­n pengungkap­an kasus itu pada 2 November 2017. Pelaku bernama Candra Hermawan yang telah menipu tiga orang dengan nilai kerugian Rp 75 juta. Anda bisa membacanya di bit. ly/FotoNovemb­er2017.

 ?? ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia