Jawa Pos

Mobil Dibakar, Ikhlaske Wae

Curhat Via Vallen di Lagu Baru

-

JAKARTA, Jawa Pos ‒ Yen kelangan, ikhlaske wae...kudu eling kabeh iki mung titipane (Kalau kehilangan, ikhlaskan saja...harus ingat semua ini hanya titipan-Nya).

Penggalan lirik lagu Mung Titipane yang dinyanyika­n Via Vallen itu seakan menjadi curahan hatinya. Lagu yang klipnya dirilis pada 25 Juli lalu itu memang terinspira­si dari musibah pembakaran mobil milik Via pada 1 Juli lalu di rumahnya di kawasan Tanggulang­in, Sidoarjo.

Peristiwa nahas itu terjadi dini hari. Orang tidak dikenal yang dikabarkan merupakan penggemar Via yang terobsesi membakar mobil Alphard yang dibeli dengan hasil jerih payah manggung dan menyanyi. ’’Sekarang masih diproses kok kasusnya. Bulan depan awal mulai sidang,’’ ujar Via saat ditemui kemarin siang (28/7) di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

Dalamlirik­laguciptaa­nViaitu,pedangdut 28 tahun tersebut menceritak­an keikhlasan­nyadansedi­kitceritah­idupnya. Mulaimasam­udayangdih­abiskanden­gan bekerja hingga kepasrahan setelah salah satu hartanya hangus terbakar .’ Aku ceri t ain, gimana aku bisa dapat mobil dari hasil keringat aku sendiri,’ ucapnya.

Via juga memasukkan pesan agar dirinya dan pendengar selalu ingat bahwa semua harta adalah titipan. ’’Ya kalau sudah waktunya diambil, ya pasti diambil. Jadi harus diikhlaska­n,’’ katanya.

Lagu Mung Titipane ditulis Via sekitar seminggu setelah mobil nya dibakar. Sebelum itu, pelantun Meraih Bintang tersebut bertanya-tanya dan refleksi diri: mengapa ini terjadi padanya dan sikap apa yang harus diambil .’ Baru pas saya tenang, saya bikin lagunya cepet. Ini bukan setting-an lho ya,’ tegasnya.

Proses kreatif berjalan cepat. Setelah lagu jadi, dia langsung mengontak tim untuk membuat klip videonya. Setelah kejadian tidak mengenakka­n itu, Via jadi lebih waspada. Via mengabarka­n bahwa dirinya dan keluarga telah punya tempat tinggal baru. ’’Ada di Sidoarjo sama Jakarta, aku bakal nyembunyii­n lokasi rumah aku,’’ tegas Via yang juga mempersiap­kan diri untuk sebuah proyek duet dengan Rhoma Irama.

TINGGAL KERANGKA: Mobil pribadi Via Vallen yang dibakar penggemar fanatiknya. Via menciptaka­n lagu tentang kejadian tersebut.

 ?? O P A W S PO WA JA N/ SEI U H M ??
O P A W S PO WA JA N/ SEI U H M
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia