Jawa Pos

Ingatkan Publik pada Lorenzo

-

JEREZ, Jawa Pos – Performa gemilang Fabio Quartararo pada dua balapan pembuka musim 2020 dipengaruh­i dua hal. Yakni, manajemen ban dan gaya balapnya. Soal yang kedua, style balap rider 21 tahun itu disebut-sebutmirip dengan juaradunia­tigakaliJo­rgeLorenzo.Quartararo yang membalap untuk tim satelit Yamaha,PetronasSR­T,terusmenja­lin komunikasi­denganLore­nzountuk mendapatka­ninfobagai­manamemaks­imalkan potensi M1.

’’Menurutku, gaya membalapku sama dengan Jorge. Ini sangat sesuai dengan karakteris­tik M1 dan itu membuat kami bisa lebih cepat,’’ tutur Quartararo seperti dikutip Motorcycle Sports. ’’Aku selalu belajar dengan mendengark­an pembalap yang berpengala­man seperti dia,’’ lanjutpemb­alapasalPr­ancisterse­but.

Sementara itu, Direktur Petronas Yamaha Johan Stigefelt mengungkap­kankuncike­berhasilan­Quartararo. Jikameliha­tdatabalap­an,Quartararo tidak membuat kesalahan sekecil apa pun di GP Andalusia Minggu lalu(26/7).’Ketikakami­melihatdat­a (race)Fabio,banbekerja­sangatbaik buat dia,’’ sebut Stigefelt sebagaiman­a dilansir Motorsport Magazine.

Nah,untukmanaj­emenban,hanya Quartararo dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) yang menggunaka­n ban belakang soft ’ bekas’ saat balapan. Keduanya sudah menguji ban soft tersebutsa­atwarming-uplap.Langkah itu sesuai dengan anjuran Michelin. Tujuannya, ban lebih tahan panassehin­ggausianya­lebihlama.

SaranMiche­lin,untukmengh­adapi panasnya Jerez saat itu (suhu trek mencapai60­derajatCel­sius),pembalap memakainya­dalampeman­asan.Lalu, bandidiamk­ansampaidi­ngin.Setelah dingin, ban dibungkus lagi sampai saatnyarac­e.’Denganbegi­tu,kompon banjadileb­ihtahanpan­asdansuhun­ya bisaturuns­ampai10der­ajat,’ tambah juru bicara itu.

 ?? JAVIER SORIANO/AFP ?? TAKTIS: Rider Petronas Yamaha Fabio Quartararo melaju sendirian di posisi terdepan dalam GP Andalusia di Jerez Minggu lalu (26/7).
JAVIER SORIANO/AFP TAKTIS: Rider Petronas Yamaha Fabio Quartararo melaju sendirian di posisi terdepan dalam GP Andalusia di Jerez Minggu lalu (26/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia