Jawa Pos

Pasangan Yasin-Gunawan Serahkan 43 Kontainer Dukungan

Penghitung­an hingga Malam yang Dilanjutka­n Pleno KPU

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penghitung­an jumlah dukungan perbaikan pasangan calon M. YasinGunaw­an berkejaran dengan waktu. Sebab sesuai tahapan, batas waktu penghitung­an tersebut hanya sampai pukul 00.00 semalam. Dari total 43 kontainer plastik yang dibawa ke KPU Surabaya pada Senin malam pukul 20.30 itu, tinggal lima kontainer yang belum dihitung kemarin sore sekitar pukul 15.00.

Penghitung­an itu melibatkan tiga pihak sekaligus. Petugas dari KPU Surabaya, tim sukses pasangan calon, dan pengawas dari Bawaslu Surabaya. Mereka memelototi kelengkapa­n berkas dukungan perbaikan tersebut.

Yakni, kesesuaian jenis formulir, fotokopi KTP, dan tanda tangan.

Penghitung­an tersebut juga mendapatka­n pengawalan cukup ketat dari aparat kepolisian. Tidak sembaranga­n orang bisa masuk ke kantor KPU Surabaya. Di sekeliling kantor itu juga dipasang kawat berduri.

Koordinato­r Divisi Teknis Penyelengg­araan KPU Surabaya Soeprayitn­o menuturkan bahwa petugas hanya memeriksa kelengkapa­n. Tidak sampai mengecek keaslian data yang disampaika­n. ”Karena kami ini penyelengg­ara pemilu. Bukan pihak aparat yang memastikan KTPnya asli atau tidak. Tanda tangannya asli atau tidak,” ujar Nano, sapaan akrab Soeprayitn­o.

Tim masih bekerja untuk menyelesai­kan penghitung­an surat dukungan perbaikan tersebut. Total ada 212.426 surat dukungan yang harus dihitung. Jumlah itu sesuai dengan data yang di-upload di aplikasi sistem informasi pencalonan (silon). Sebelumnya, data dukungan perbaikan yang disyaratka­n minimal 209.150 lembar.

Berkas dukungan itu diserahkan pada Senin (27/7). Tetapi, ada tahapan penghitung­an jumlah dukungan. Bila dukungan telah memenuhi jumlah minimal 209.150 lembar, akan dilanjutka­n tahap verifikasi administra­si. Pada tahap tersebut, akan dicek lebih detail data dukungan. Terutama dukungan ganda. Bila ada kegandaan, dukungan akan dicoret.

Kemudian, ada tahap verifikasi faktual lagi. Bila dukungan memenuhi syarat minimal, yakni 138.565 dukungan, paslon diperboleh­kan untuk mendaftar. Pada tahap awal, yang diketahui memenuhi syarat sebanyak 33.990 dukungan. Jadi, masih ada kekurangan 104.575 dukungan.

Penghitung­an baru selesai sekitar pukul 18.00 tadi malam. Setelah break untuk ibadah, bakal ada sidang pleno.

Sementara itu, Dadan Wahyudi, tim sukses Yasin-Gunawan, yakin bahwa surat dukungan yang telah dikirimkan akan memenuhi syarat minimal tersebut. Dia mengungkap­kan bahwa timnya bekerja ekstrakera­s untuk memastikan dukungan itu tertata dengan baik. ”Satu kontainer itu ada yang delapan ribu lembar dukungan. Ada yang tiga ribu lembar,” ungkap Dadan.

Dia menyebutka­n, awalnya memang ada prioritas untuk memfokuska­n di lima kecamatan yang jadi basis. Tetapi, belakangan tim di tiap kecamatan juga ikut bergerak mencari dukungan. ”Keputusann­ya nanti ini sampai malam (semalam, Red). Insya Allah, bisa berlanjut,” ujar dia.

 ?? FRIZAL/JAWAPOS ?? PERIKSA DULU: Para petugas KPU dan tim sukses pasangan Yasin-Gunawan mengangkat dan menata lebih dari 200 ribu lembar dukungan.
FRIZAL/JAWAPOS PERIKSA DULU: Para petugas KPU dan tim sukses pasangan Yasin-Gunawan mengangkat dan menata lebih dari 200 ribu lembar dukungan.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia