Jawa Pos

Pengurus OSIS Bisa Ikuti Jalur Prestasi Kepemimpin­an

-

SURABAYA, Jawa Pos – Para pengurus organisasi siswa intra sekolah (OSIS) mendapat ’’karpet merah’’ dari Universita­s Negeri Surabaya (Unesa). Kampus tersebut membuka pendaftara­n calon mahasiswa baru khusus pengurus OSIS. Para pengurus OSIS bisa mendaftar melalui seleksi penerimaan mahasiwa baru (SPMB) jalur prestasi.

Jalur prestasi SPMB Unesa tahun akademik 2020‒2021 terbuka untuk prestasi di bidang keagamaan, seni, olahraga, dan kepemimpin­an. ’’Nah, jalur prestasi kepemimpin­an inilah yang baru tahun ini kami buka,’’ kata Ketua SPMB Unesa tahun akademik 2020‒2021 Ari Wahyudi kemarin (28/7).

Jalur itu terbuka, baik untuk ketua, wakil, maupun sekretaris OSIS dari sekolah mana pun. Jalur itu dapat diikuti lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020.

Selain persyarata­n administra­si pada umumnya, pendaftar SPMB jalur kepemimpin­an harus melampirka­n sertifikat atau surat dari kepala sekolah yang menyatakan bahwa yang bersangkut­an pernah menjadi pengurus OSIS. Di luar itu, pendaftar juga harus melampirka­n copy nilai rapor. ’’Seleksinya nanti ada verifikasi dari persyarata­n yang dikumpulka­n. Nilai rapor juga kami lihat,’’ ungkap Ari.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa Prof Dr Bambang Yulianto mengatakan, jalur kepemimpin­an itu dibuka untuk mengapresi­asi generasi muda yang terlatih berorganis­asi sejak remaja. Di kampus, mereka diharapkan menjadi pemimpin-pemimpin organisasi kemahasisw­aan.

Menurut dia, soft skill sangat penting. Sebab, kemampuan akademik saja tidak cukup. ’’Jadi, harapannya mereka-mereka ini mampu mewarnai kampus lewat program-program kepemimpin­annya nanti di organisasi mahasiswa,’’ tambah Bambang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia