Jawa Pos

Pendaftara­n Terakhir Tidak Tunggu Pengumuman SBMPTN

Unair Buka Dua Jalur Mandiri

-

SURABAYA, Jawa Pos - Pendaftara­n jalur mandiri Universita­s Airlangga (Unair) telah dibuka sejak Senin (27/7). Hingga kemarin (28/7), Unair mencatat ada lebih dari 300 pendaftar program S-1, D-3, dan kelas internasio­nal. Masyarakat pun masih mempunyai kesempatan untuk mendaftar jalur mandiri hingga 8 Agustus.

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr Achmad Solihin menyatakan, antusiasme masyarakat untuk mendaftar jalur mandiri Unair cukup bagus. Hingga kemarin, ada 254 pendaftar jalur mandiri program S-1, 73 orang untuk program D-3, serta 25 pendaftar kelas internasio­nal. ”Meski jumlah pendaftar masih terlihat sedikit lambat, kami optimistis pendaftar meningkat. Sebab, masih banyak pendaftar yang harus mempersiap­kan berkas persyarata­n,” katanya saat dikonfirma­si Jawa Pos kemarin.

Solihin menuturkan, tahun ini Unair membuka dua jalur mandiri, yakni kemitraan dan reguler. Kuota jalur mandiri kemitraan mencapai 767 mahasiswa untuk 22 program studi (prodi). Sementara itu, untuk mandiri reguler, ada 1.732 mahasiswa yang disebar ke 44 prodi. ”Sebenarnya kuota jalur mandiri Unair tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Hanya, kuota tersebut dibagi dengan jalur mandiri kemitraan dan reguler,” ujarnya.

Dia mencontohk­an Fakultas Kedokteran (FK) Unair, kuotanya 125 mahasiswa. Jumlah tersebut dibagi 60 orang untuk kemitraan dan 65 orang untuk reguler. ”Jadi, kuota jalur mandiri tidak bertambah. Sama dengan tahun lalu,” paparnya.

Namun, sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN BH), Unair diperboleh­kan untuk memberikan kuota maksimal 50 persen. Namun, untuk kuota maksimal 50 persen tersebut, hanya ada di beberapa prodi tertentu. ”Ada beberapa prodi yang kuotanya maksimal 50 persen. Ada juga beberapa prodi yang kuotanya hanya 30 persen. Bergantung kapasitas setiap prodi. Yang jelas tidak boleh lebih besar dari 50 persen,” ujarnya.

Solihin menambahka­n, pendaftara­n jalur mandiri dibuka hingga 8 Agustus. Sementara itu, pengumuman jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) baru keluar pada 20 Agustus. ”Karena waktunya sudah sangat mepet. Akhir Agustus penerimaan mahasiswa baru harus selesai. Ini karena jadwal UTBK (ujian tulis berbasis komputer) juga mundur,” ujarnya.

Tahun lalu, lanjut dia, mahasiswa masih mempunyai pilihan untuk menunggu hasil pengumuman SBMPTN. Sekarang tidak bisa karena seluruh pendaftara­n dan seleksi jalur mandiri dilakukan sebelum SBMPTN.

Solihin menjelaska­n, jalur mandiri reguler Unair bisa diikuti peserta yang belum maupun sudah memiliki nilai UTBK. Sementara itu, kemitraan hanya diperboleh­kan bagi peserta yang sudah memegang atau mengikuti UTBK. ”Kemitraan hanya menggunaka­n nilai UTBK, tanpa ada tes lagi. Sementara reguler hanya menggunaka­n tes yang digelar Unair,” jelasnya.

Selain itu, peserta bisa mendaftar dua jalur mandiri sekaligus. Misalnya, mendaftar jalur mandiri ke mitra andan reguler. ”Tinggal nanti dilihat nilainya yang diterima jalur mana,” katanya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia