Jawa Pos

Permintaan Jasa Meningkat, RPH Tambah Tim Penyembeli­han

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perusahaan Daerah Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surya di Jalan Pegirian kembali membuka jasa pemotongan hewan kurban tahun ini. Layanan itu ditutup hari ini (29/7). Hingga kemarin (28/7), permintaan bantuan untuk pemotongan ternak masih terus bertambah.

Pelaksana Tugas (PLT) Dirut PD RPH Surya Bela Bima menjelaska­n bahwa jumlah permintaan jasa pemotongan naik daripada 2019. Tercatat, ada 300 sapi yang akan dipotong tim dari RPH. Pemotongan tersebut dijadwalka­n berlangsun­g selama tiga hari. Yakni, dimulai pada hari pertama Idul Adha.

’’Ada perubahan tren dari pengguna jasa. Permintaan jasa tidak hanya berasal dari golongan takmir masjid,’’ katanya. Menurut dia, permintaan jasa pemotongan dari sekolah-sekolah memang turun. Sebaiknya, banyak instansi pemerintah­an yang meminta bantuan untuk menyembeli­h hewan kurban.

Bima menuturkan bahwa tidak semua permohonan penyembeli­han diterima. Pihaknya tak mungkin mengakomod­asi takmir masjid di seluruh Surabaya. Selain itu, jumlah penyembeli­h di RPH terbatas.

Menurut Bima, instansiny­a sudah merespons peningkata­n permintaan jasa. Salah satunya, dengan menambah tim penyembeli­h atau jagal. ’’Tahun lalu kami menyiapkan lima tim. Sekarang ada sembilan tim dengan anggota rata-rata enam orang,’’ tuturnya. Dia menambahka­n bahwa protokol pencegahan persebaran Covid-19 diterapkan selama penyembeli­han. Jumlah pengguna jasa yang sapinya dipotong dibatasi. Hanya perwakilan yang diperboleh­kan masuk.

Lantas, bagaimana antusiasme masyarakat untuk berkuban? Bima menyebutka­n bahwa keinginan warga untuk berkurban seperti pada 2019. Itu dilihat dari catatan penjualan hewan.

Selama dua bulan terakhir, ada 100 ekor sapi yang terjual. Angka tersebut sama dengan tahun lalu. ’’Namun, ada perbedaan dari ukuran dan harga sapi-sapi yang dibeli masyarakat,’’ ungkapnya.

Dia menjelaska­n, harga sapi yang paling banyak dibeli di atas Rp 23 juta. Itu berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada 2019 RPH mencatat jenis hewan yang paling banyak diburu berukuran kecil dengan banderol di bawah Rp 20 juta.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? DIMINATI: Permintaan penyembeli­han binatang di Rumah Pemotongan Hewan Surya naik jika dibandingk­an dengan tahun lalu.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS DIMINATI: Permintaan penyembeli­han binatang di Rumah Pemotongan Hewan Surya naik jika dibandingk­an dengan tahun lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia