Jawa Pos

PKB Munculkan Mas Iin-Ainun

Forum PAC PPP Mantap Dukung Bahrul Amig

-

SIDOARJO, Jawa Pos ‒ Namanama calon pemimpin baru Kota Delta semakin naik ke permukaan. PKB mulai berani menawarkan sosok andalannya sebagai bakal calon bupati. Kader-kader partai pemenang pileg 2019 itu banyak dilirik partai lain.

Wakil Ketua DPC PKB Sidoarjo Usman menyebutka­n, tokoh dari PKB yang dinilai pantas menjadi kandidat dalam pilkada mendatang cukup banyak. Forum PAC se-Sidoarjo sudah menyodorka­n empat nama ke DPP sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati. Ada Achmad Amir Aslichin, Nur Ahmad Syaifuddin, Sullamul Hadi Nurmawan, dan Anik Maslachah.

Muslimat dan Fatayat juga sudah punya figur. Di antaranya, Ainun Jariyah sebagai calon wakil bupati untuk calon bupati yang juga diusung PKB. ’’Ini bukti bahwa sebenarnya Pak Saiful Ilah sebagai ketua Tanfidz DPC PKB berhasil menelurkan banyak kader potensial,’’ ujar Usman.

Bahkan, kader-kader PKB tidak hanya dilirik partai sendiri. Mereka juga menjadi incaran partai lain. ’’Karena parameter keberhasil­an pimpinan itu adalah kemampuan menciptaka­n kader potensial. Di samping perolehan suara yang banyak dalam pemilihan,’’ katanya.

Dengan banyaknya kader potensial itu, Usman yakin PKB yang mengusung cabup sekaligus cawabupnya bakal menang. ’’Tidak ada alasan kita berkoalisi, apalagi untuk cawabup. Bu Ainun Jariyah juga siap,’’ katanya.

Menurut Usman, Achmad Amir Aslichin atau Mas Iin cocok diusung bersama Ainun. Itu menyikapi usul dari Muslimat. ’’Saya merespons selayaknya Bu Ainun bisa berpasanga­n dengan Mas Iin,’’ tegasnya. Kecocokan itu, menurut dia, disebabkan karena sebagian besar pengurus DPC PKB ingin memunculka­n pasangan calon dari PKB. Bupati dan wakil bupati.

Alasan lainnya, figur lain sudah memilih pasangan sebagai wakil. Misalnya, Cak Nur, sapaan Nur Achmad Syaifuddin. Dia sudah menentukan pilihan dengan Mimik Idayana. Sementara itu, Sullamul HadiNurmaw­an(GusWawan)belum menyampaik­an keputusan.

Perkembang­an lain menyebutka­n figur M. Bahrul Amig sebagai calon bupati dari PDIP. Nama Amig semakin santer disebut sebagai figur yang layak memimpin Sidoarjo mendatang. Dia adalah seorang birokrat yang berpengala­man. Amig yakin rekomendas­i dari PDIP segera turun. Diperkirak­an awal Agustus ini.

Partai koalisinya adalah PPP. ’’Lewat PDIP dan PPP, 9 kursi dari PDIP dan 1 kursi dari PPP,’’ katanya kemarin. Modal itu sudah cukup untuk jadi tiket maju dalam pilkada mendatang. Pria yang bergelar doktor administra­si negara itu tidak mempermasa­lahkan adanya klaim bahwa PPP merapat ke BHS.

Forum Komunikasi PAC Partai Persatuan Pembanguna­n (PPP) se- Kabupaten Sidoarjo menegaskan tekad bulat mendukung Bahrul Amig. Berkoalisi dengan PDIP. Ketua Forum Komunikasi PAC PPP se-Sidoarjo Supeno menilai sosok Amig punya seabrek pengalaman dalam pemerintah­an. Hal itu jadi modal yang tidak dimiliki calon lain.

Dia pernah menjadi camat hingga kepala dinas. Amig juga putra asli Sidoarjo. Supeno bersama 14 PAC PPP telah menyatakan sikap mendukung Amig. Empat PAC lain vakum. Bahkan, Supeno mengaku sudah mengirimka­n surat pernyataan dukungan tersebut kepada DPC PPP Sidoarjo pada 10 Juli. Surat itu bisa menjadi pertimbang­an partai dalam merekomend­asikan cabup.

 ?? BOY SLAMET/JAWAPOS ?? BERAKHIR: Baliho Agung Sudiyono yang tidak melanjutka­n pendaftara­n jalur perseorang­an meski telah memperoleh dukungan puluhan ribu orang.
BOY SLAMET/JAWAPOS BERAKHIR: Baliho Agung Sudiyono yang tidak melanjutka­n pendaftara­n jalur perseorang­an meski telah memperoleh dukungan puluhan ribu orang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia