Jawa Pos

Lampu Hijau dari Kapolda Jogja

-

JOGJAKARTA, Jawa Pos – Dua bulan lagi kompetisi Liga 1 kembali dilanjutka­n. PT LIB sebagai operator tancap gas mempersiap­kan segalanya. Salah satunya adalah meminta izin secara langsung kepada beberapa pihak yang ditunjuk jadi ’’tuan rumah’.’ Sejak 27 Juli lalu, seluruh jajaran direksi LIB berada di Jogjakarta untuk memulai hal itu.

Mengapa Jogjakarta dulu? Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita mengungkap­kan, hal itu tidak terlepas dari banyaknya konstestan yang akan menjadikan Jogjakarta sebagai home base. Terutama timtim dari luar Pulau Jawa. Sebut saja PSM Makassar, Persiraja Banda Aceh, Bali United, dan Borneo FC.

Belum lagi, ada PSS Sleman yang memang sudah berkandang di sana. Persija Jakarta juga sudah secara resmi menegaskan akan berkandang di Jogjakarta, yakni Stadion Sultan Agung, Bantul, dalam lanjutan kompetisi. Artinya, ada enam klub yang bakal berkandang di Jogjakarta pada Oktober mendatang. ’’Jadi, Jogjakarta jadi salah satu lokasi paling penting dalam lanjutan Liga 1,’’ tuturnya.

Nah, kemarin jajaran direksi LIB memulai agenda pertemuan dengan Kapolda DIJ Irjen Pol Asep Suhendar. Lukita menerangka­n, pertemuan tersebut berjalan lancar. LIB menjelaska­n panjang lebar melalui Direktur Operasiona­l Sudjarno. Mulai penjadwala­n, jumlah kontestan, hingga pertanding­an yang rencananya digelar tanpa penonton. ’’Sampai protokol kesehatan yang akan dipakai secara detail dan ketat,’’ paparnya.

Lukita menyebut, sebenarnya hadirnya kompetisi di Jogjakarta akan membawa dampak positif. Terutama kembali bergeliatn­ya ekonomi di sektor perhotelan karena setidaknya ada enam tim yang akan berkandang di Jogjakarta. ’’Kemudian, kami juga menginform­asikan bahwa kompetisi lanjutan Shopee Liga 1 2020 bisa dijadikan ajang yang tepat untuk kampanye memerangi pandemi korona. Slogan ’Perubahan Perilaku’ akan bisa efektif dari kompetisi ini. Dan, akan banyak laga di Jogjakarta,” paparnya.

Lukita mengaku senang dengan sambutan positif dari Kapolda DIJ. Dia berharap sambutan yang sama diterimany­a ketika hari ini akan berkunjung menemui beberapa stakeholde­r sepak bola dan pemerintah­an di Jogjakarta lagi. ’’Besok (hari ini) rencana ke gubernuran, ke Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul. Jamnya sedang diatur protokol,’’ katanya. ’’Insya Allah dengan nawaitu yang positif, semua lancar, doakan saja,’’ sambungnya kepada Jawa Pos kemarin.

Sementara itu, Kapolda DIJ Irjen Pol Asep Suhendar menyambut positif rencana digelarnya Liga 1 di Jogjakarta. Dia menyatakan siap memberikan dukungan penuh. ’’Kami akan siap mengamanka­n agenda tersebut,” ucapnya.

 ?? PT LIB FOR JAWA POS ?? KOORDINASI: Dari kiri, Direktur Operasiona­l LIB Sudjarno, Kapolda DIJ Irjen Pol Asep Suhendar, dan Dirut LIB Akhmad Hadian Lukita.
PT LIB FOR JAWA POS KOORDINASI: Dari kiri, Direktur Operasiona­l LIB Sudjarno, Kapolda DIJ Irjen Pol Asep Suhendar, dan Dirut LIB Akhmad Hadian Lukita.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia