Jawa Pos

Kecewa, tapi Realistis

- Event

JAKARTA, Jawa Pos – Kekhawatir­an publik bulu tangkis dunia soal kelanjutan event BWF Tour akhirnya terbukti. Kemarin BWF kembali mengonfirm­asi batalnya empat turnamen.

Masing-masing adalah Taipei Open (1–6 September), Korea Open (8–13 September), China Open (15–20 September), dan Japan Open (22–27 September).

Empat turnamen itu menyusul Hyderabad Open dan Lingshui China Masters yang lebih dulu dibatalkan. Kerinduan badminton lovers untuk menyaksika­n idolanya berlaga harus tertunda lebih lama. Piala Thomas-Uber yang rencananya berlangsun­g di Aarhus, Denmark, pada 3–11 Oktober bakal menjadi ajang perdana setelah pandemi Covid-19.

Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund melalui rilis resmi menyatakan, pihaknya kecewa karena membatalka­n beberapa turnamen. Namun, keputusan tersebut harus diambil demi menjaga keselamata­n berbagai pihak. Mulai pemain, penonton, volunter, hingga anggota asosiasi. ’’Kesehatan dan keselamata­n adalah hal yang paling penting saat ini,’’ sebut Lund.

Sekretaris­JenderalPP­PBSIAchmad Budihartom­enyayangka­npembatala­n tersebut.Sebab,empatturna­mendi atas seharusnya menjadi ajang persiapant­imIndonesi­asebelumta­mpil di Piala Thomas dan Uber. ’Ini merupakan hal yang merugikan buat duniabulut­angkis,khususnyau­ntuk atlet,’ jelas Budi, sapaannya.

Hanya, sambung dia, di sisi lain pihaknya bisa mengerti karena kasus positif Covid-19 di seluruh dunia masih terjadi. Angkanya malah makin tinggi. ’’Contohnya di Jepang dan Tiongkok yang mengalami second wave,’’ ucapnya.

Lantas, apakah pembatalan itu akandiikut­iPialaThom­asdanUber? KasubbidHu­bunganInte­rnasional PP PBSI Bambang Roedyanto juga belumbisam­emastikan.’Nggaktahu itu,susah(dipastikan,Red).Kitalihat saja,’ katanya.

All England yang digelar di Birmingham, Inggris, menjadi turnamen terakhir sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Persebaran virus korona baru meluas ke berbagai penjuru dunia. Seluruh batal atau dijadwal ulang.

BWF mengumumka­n dimulainya kembali turnamen pada Agustus 2020.

Baru juga diumumkan sebagai pembuka BWF Tour, Hyderabad Open yang berlangsun­g pada 11–16 Agustus dibatalkan. Lingshui China Masters (25–30 Agustus) menyusul dibatalkan.

BWF kembali membatalka­n empat turnamen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia